1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

‘Hattrick’ Adipura, Danny berterima kasih kepada warga Makassar

Penghargaan terakhir diterima pada Rabu malam

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 03 Agustus 2017 14:48

Merdeka.com, Makassar - Sejarah baru dicatatkan oleh Pemerintah Kota Makassar di bidang lingkungan. Pada masa kepemimpinan wali kota Danny Pomanto, ibukota Sulawesi Selatan untuk tiga kali berturut-turut mendapatkan penghargaan Adipura.

Secara keseluruhan, Makassar telah memiliki lima Adipura. Dua penghargaan serupa lainnya diterima pada tahun 1997 dan 2013.

Adapun penghargaan dalam tiga tahun terakhir masing-masing berupa Adipura Buana pada tahun 2015 serta Adipura Kirana di tahun 2016 dan 2017. Penghargaan terakhir diterima langsung Danny dari Menteri Linkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Jakarta, Rabu malam (2/8).

Atas pencapaian ini, Danny Pomanto mengucapkan penghargaan setingginya bagi segenap warga kota Makassar.

"Terima kasih kepada masyarakat yang setiap hari membersihkan kota, terima kasih terutama satgas kebersihan, seluruh warga dari berbagai elemen dari lorong hingga masyarakat yang ada di pulau," kata Danny.

"Alhamdulillah, ini yang ketiga dan tahun depan kita sudah adipura kencana. Kencana itu harus tiga kali berturut- turut dulu meraih adipura," lanjutnya.

Menurut Danny, mempersiapkan adipura ini tidak menunggu masa dimulainya (penilaian), tetapi tiap hari sebelum penilaian pun selalu dipersiapkan.

Sehingga hal ini menjadi budaya baru di kota berjuluk anging mammiri tersebut. Namun yang lebih penting dari adipura kata wali kota berlatar belakang arsitek ini, adalah bagaimana setiap masyarakat memiliki adipura di hatinya masing- masing dengan satu kesadaran mereka tidak membuang sampah di sembarang tempat.

"Adipura itu sekedar lambang, tapi intinya adalah kebersihan itu menjadi budaya baru kita," pungkasnya.

Meski demikian, Danny mengatakan masih banyak hal yang mesti terus dikembangkan dan diperbaiki ke depan. Seperti drainase, taman, pepohonan, sistem bank sampah lebih disempurnakan lagi, industri sampah yang akan bangun, pembangkit listrik tenaga sampah (waste to energy), dan lainnya.

"Artinya begini saja kita sudah dapat, apa lagi kalau kita tingkatkan lagi. Insya Allah tahun depan kita dapatkan adipura kencana," targetnya.

Secara nilai Danny mengatakan jika Makassar sudah memenuhi syarat meraih adipura kencana. Hanya saja persyaratannya memang harus tiga piala adipura diperoleh berturut- turut untuk bisa mendapatkan kencana.

"Kita sudah mencatatkan sejarah baru, sejak tiga tahun kita bersama semua, tiga kali adipura berturut- turut tiap tahun kita dapatkan," paparnya. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA