1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Jelang Idul Adha, tim gabungan gelar operasi pasar

Belum ditemukan kandungan berbahaya pada sampel bahan makanan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 28 Agustus 2017 16:38

Merdeka.com, Makassar - Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar menggelar operasi pasar terpadu disejumlah pasar modern dan pasar Tradisional di wilayah kota Makassar. Senin (28/8).

Operasi pasar yang digelar melibatkan beberapa  SKPD lingkup pemerintah Kota Makassar diantaranya dari Dinas kesehatan, Dinas Perikanan dan pertanian, Dinas Perdagangan, dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Tim operasi pasar terpadu memantau keamanan bahan bahan pangan dan stabilitas harga pangan menjelang Hari Raya  idul adha 1438 H, yang jatuh pada tanggal 1 September 2019.

Menurut Kabid Keamanan Pangan Budi Susilo selaku Ketua Tim Terpadu, kegiatan operasional tim terpadu ini rutin dilaksanakan tiap bulan. Apalagi menjelang Hari Raya  dengan melibatkan beberapa instansi terkait yang masuk dalam tim terpadu.

"Kita turun  ke pasar pasar untuk memeriksa dan memastikan pangan yang dikomsumsi oleh masyarakat bebas dari kandungan bahan bahan berbahaya seperti pestisida, atau bahan pengawet yang bisa merusak kesehatan," ucapnya.

Ada dua  pasar yang dipantau yaitu pasar Terong dan Lotte Mart Alauddin. Di kedua pasar tersebut, tim operasional terpadu dan pengendalian keamanan pangan mengambil dan memeriksa beberapa sampel sayuran dan buah buahan. Kemudian dilakukan tes di tempat (Rapid Test) agar diketahui apakah sayur dan buah buahan yang di jual mempunyai kandungan pestisida.

"Dari hasil uji sampel pada selada Bayam, Semangka dan   Melon yang menggunakan Rapid Test ( test cepat) di pasar terong dan Lotte Mart Alauddin, kami tidak menemukan adanya kandungan pestisida pada sayuran dan buahan yang dijadikan sampel," terang Susilo. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA