1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Jelang musim hujan, 150 Taruna Siaga Bencana berjaga 24 jam

Personel berpatroli secara berkala untuk memantau kondisi kota

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 29 September 2016 12:49

Merdeka.com, Makassar - Dinas Sosial Kota Makassar mempersiapkan sebanyak 150 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mengantisipasi bencana jelang musim hujan tahun ini. Personel Tagana bakal dikerahkan bergiliran selama 24 jam agar dapat merespon dengan cepat setiap dibutuhkan.

“Kita bentuk posko bencana, kita stand by selama 24 jam,” kata Kepala Dinas Sosial Makassar, Mukhtar Tahir, Kamis (29/9). “Jika sewaktu-waktu ada bencana, mereka siap diturunkan,” dia melanjutkan.

Mukhtar menjelaskan, posko bencana dibentuk sebagai bentuk kesiapan menghadapi dampak buruk musim hujan. Laporan dari masyarakat bisa langsung ditanggapi dengan mengerahkan personel ke lokasi. Selain itu, tim juga secara berkala berpatroli ke seluruh wilayah kota Makassar.

“Untuk memantau kondisi kota selama musim hujan. Kita antisipasi potensi bencana sejak awal,” ujar Mukhtar.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar memprediksi musim hujan dimulai pada akhir Oktober atau awal November 2016. Namun hujan dengan intensitas ringan akan mulai turun sejak September. Masyarakat diimbau mempersiapkan diri untuk menghindari dampak buruknya.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto telah meminta jajarannya di pemerintahan agar bersikap cepat tanggap dalam menghadapi musim hujan. Instansi terkait, terutama 14 kecamatan, diimbau bersiaga selama 24 jam untuk mengantisipasi kemungkinan bencana.

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA