1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Kala warga pulau Kodingareng curhat ke wali kota

Salah satu kesulitan mereka adalah listrik yang terbatas

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 06 April 2017 14:18

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menerima aspirasi puluhan warga Kecamatan Sangkarrang, Kelurahan Kodingareng, di Ruang Kerja Wali Kota, Balaikota, Kamis (6/4).

Warga Kodingareng datang bersama Camat Sangkarrang Firnandar, Kabag Pemberdayaan Masyarakat Iskandar Lewa, dan Legislator Makassar Sampara. Mereka bertemu Wali Kota Danny membincangkan persoalan yang tengah dihadapi warga Kodingareng.

"Warga Kodingareng belum bisa menikmati listrik 24 jam karena PLTS yang ada belum berfungsi kembali," kata Anshar, warga Kodingareng yang ikut dalam pertemuan.

Mendengar itu, tanpa mengambil jeda, Wali Kota Danny berkordinasi dengan PT PLN (Persero) melalui sambungan telepon, dari hasil kordinasi itu diketahui PT PLN (Persero) akan segera menindaklanjuti aspirasi warga.

Selama ini, warga Kodingareng menggantungkan suplai daya listriknya dari PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan mesin genset yang ada. Namun, saat ini keduanya tidak mampu berfungsi maksimal memenuhi kebutuhan listrik warga.

Olehnya itu, selain berkordinasi dengan PT PLN (Persero), Wali Kota Danny juga segera mengadakan satu unit mesin genset untuk warga Kodingareng agar rumah - rumah warga dan kantor pemerintah nantinya dapat teraliri listrik.

Warga juga mengadukan masalah pelayanan telekomunikasi. Menurut Legislator Makassar, Sampara, saat ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Makassar telah mendirikan tower untuk melayani kebutuhan internet warga Kodingareng.

Hanya saja, layanan internet itu masih dirasakan kurang. Warga membutuhkan tower yang dapat menjangkau layanan komunikasi warga melalui telepon nirkabel. Mereka berharap tower selular juga bisa didirikan di Pulau Kodingareng, sama halnya dengan Pulau Barang Lompo dan Barang Caddi.

"Kami segera kordinasikan dengan Dinas Kominfo untuk membangun satu tower lagi untuk kebutuhan komunikasi (telepon). Tim survei segera dibentuk," respon Danny.

Keluhan terhadap pelayanan KIS (Kartu Indonesia Sehat) juga disampaikan warga kepada Wali Kota Danny. Menurutnya, masih sangat banyak warga Kodingareng yang belum mengantongi KIS.

Mengetahui itu, Wali Kota Danny menginstruksikan kepada camat untuk segera melakukan pendataan warga tidak mampu yang nantinya dijadikan dasar pengurusan KIS.

Pertemuan dengan warga Kodingareng dimanfaatkan Wali Kota Danny untuk menyampaikan komitmen pemerintahannya terhadap warga Kelurahan Pulau Kodingareng yang baru saja terbentuk.

Fasilitas air minum, ambulans laut, pemecah ombak, dan penataan lingkungan menjadi fokus utama pemerintahan Danny Pomanto di wilayah kepulauan yang baru saja terbentuk menjadi kecamatan ke - 15 di Makassar.

Sementara untuk tenaga administrasi di kantor pemerintah ataupun tenaga medis dan tenaga pendidik akan diutamakan putera - puteri dari Pulau Kodingareng untuk mengabdi di kepulauannya. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA