1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Layanan Homecare Makassar jadi percontohan, ini kata Ridwan Kamil

Program tersebut mengantarkan Pemkot Makassar meraih predikat Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2016

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 27 Oktober 2016 13:56

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberi selamat kepada Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto, atas inovasi Pemkot Makassar di bidang kesehatan. Diketahui, layanan Homecare di Makassar menjadi salah satu program inovasi pelayanan publik yang dianjurkan oleh pemerintah pusat untuk turut diterapkan di daerah lain.

“Selamat ya, Pak Danny. Homecare Makassar sudah masuk top inovasi,” kata Ridwan Kamil saat berjumpa Danny di pelataran gedung Pusdai Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/10). Di tempat itu, keduanya sama-sama menghadiri Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2016, yang digelar hingga 27 Oktober.

Saat berjumpa, Ridwan Kamil dan Danny Pomanto sempat berjabat tangan dan berbicara ringan. Dua wali kota berlatar belakang arsitek itu tampak akrab. “Pak Danny ini teman seperjuangan saya dari dulu,” ujar kang Emil.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memilih program Homecare Makassar sebagai inovasi layanan kesehatan yang menjadi percontohan. Program akan diterapkan di 59 kabupaten/ kota lain yang menghadiri Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin menjelaskan program Homecare merupakan layanan kesehatan gratis yang tersedia bagi masyarakat selama 24 jam. Berbekal 48 kendaraan yang dilengkapi peralatan medis canggih, dokter dan perawat siap melayani pasien di rumah jika sewaktu-waktu mendapat panggilan.

Sebelumnya, program yang sama mengantarkan Pemerintah Kota Makassar menjadi salah satu dari Top 35 peraih Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2016 oleh Menpan RB. Berbagai apresiasi, menurut Danny, menjadi inspirasi untuk memperbaiki pelayanan.

“Saat ini kita juga sudah punya Homecare laut, yang melayani masyarakat di pulau-pulau. Ke depan kita juga akan luncurkan smart card khusus Lansia,” kata Danny, menyebutkan programnya di bidang kesehatan. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA