1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot bentuk tim khusus rawat taman kota

Sebagian taman dianggap belum difungsikan dengan baik

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 16 Agustus 2016 15:02

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota membentuk Brigade Taman Kota untuk merawat sejumlah taman dan jalur hijau di berbagai wilayah kota Makassar. Tim beranggotakan 157 orang akan dikerahkan menyirami taman dan tanaman setiap hari.

“Mereka sekaligus mengawasi taman-taman tersebut,” kata Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan Kota Makassar, Herfidha Attas, Selasa (15/8).

Dinas mencatat saat ini terdapat 67 titik taman di 14 kecamatan. Taman tersebut terdiri dari 38 taman kota dan 29 titik jalur hijau jalan. Menurut Herfidha, selama ini banyak taman yang tak terawat dengan baik. Taman tersebut, meski dirawat Pemerintah, banyak yang rusak akibat ulah oknum masyarakat.

“Banyak yang rusak karena diinjak-injak,” ujar Herfidha. Selain itu, sebagian taman rusak juga disebabkan kualitas tanah yang tak mendukung karena mengandung unsur pasir. “Sehingga tanamannya mudah mati,” dia melanjutkan.

Menurut Herfidha, pihaknya tengah berupaya melakukan peninjauan ulang tanaman di taman. Salah satu yang perlu dibenahi adalah kedalaman penanaman di tanah. Dia mencontohkan taman di sepanjang jalan AP Pettarani, yang kedalaman tanahnya hanya mencapai 40 hingga 50 centi meter. Jumlah tersebut dianggap masih kurang.

Perhatian lain Pemkot adalah pemanfaatan taman kota. Herfidha menilai sebagian besar taman belum berfungsi dengan baik. Itu terlihat dari aktivitas masyarakat saat hari libur atau pun sore hari. "Saya anggap taman itu aktif, kalau ada aktifitas masyarakat seperti jogging atau bersantai. Dan yang aktif itu hanya lima saja dari jumlah total 67 titik taman,” ujarnya.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA