1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot utamakan dua lokasi relokasi PKL di Makassar

Pada tahap awal, rencananya dibangun 300 lapak untuk para pedagang

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 15 September 2016 13:15

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar menyiapkan lima lokasi strategis sebagai tempat relokasi pedagang kaki lima, yang disebut dengan PKL Center. Dua di antaranya mulai dibangun pada tahun ini, dan rencananya sudah bisa ditempati pedagang pada awal tahun 2017.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengungkapkan, dua kawasan relokasi masing-masing berlokasi  di RA Kartini yang berdekatan dengan Lapangan Karebosi, serta jalan Metro Tanjung Bunga, tak jauh dari Anjungan Pantai Losari.

“Sementara tahap desain. Finishingnya tahun depan,” kata Danny di Makassar, Rabu (14/9).

Pada tahap awal, Pemkot berencana membangun 300 lapak jualan di dua lokasi PKL Center. Adapun keseluruhan tercatat sebanyak 7.600 PKL se-Makassar yang akan direlokasi.

Ke depan, tidak lagi dibolehkan aktivitas berdagang di pinggir jalan atau pedestrian, kecuali di lokasi yang disediakan. Lapak yang disediakan bisa ditempati secara cuma-cuma.

Pemkot mencanangkan relokasi PKL sebagai wujud pembenahan wajah kota. Menurut Danny, relokasi ini, selain membantu menambah keindahan kota, juga diyakini membawa keuntungan yang lebih baik bagi pedagang. Sebab, mereka bisa berjualan di tempat lebih layak dan strategis. “Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujar Danny.

Ke depan, PKL Center diharapkan menjadi sentra ekonomi baru bagi masyarakat. Untuk kenyamanan bertransaksi, kawasan relokasi akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain air bersih, lingkungan yang nyaman, WC umum, tempat ibadah, dan tempat bermain untuk anak.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA