1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemprov Sulsel lepas bantuan beras untuk pengungsi Rohingya

Total bantuan direncanakan sebanyak 100 ton

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 12 September 2017 09:21

Merdeka.com, Makassar - Konflik yang berkecamuk di Rohingya menimbulkan keprihatinan berbagai pihak. Termasuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan masyarakat Indonesia, demikian juga masyarakat Sulsel. 

Presiden Jokowi meminta Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo untuk mengirimkan beras dari Sulawesi Selatan. Adapun jumlah beras yang dikirimkan 100 ton, namun untuk tahap pertama dikirim sebanyak 20 ton.

Pelepasan bantuan dilakukan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hasanuddin, Marsma TNI Bowo Budiarto di Lanud Hasanuddin Galaktika Makassar, Senin (11/9).

Gubernur Sulsel pada saat pengiriman terlihat terus berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo. SYL bahkan menyebutkan Jokowi menelpon dua kali dalam sehari untuk pengiriman bantuan ini. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemprov Sulsel Devo Khaddafi mewakili Gubernur Sulsel mengatakan bantuan beras akan diserahkan langsung Jokowi untuk dikirimkan ke Rohingya.  

"Hari ini dikirim ke Jakarta,  besok akan dilepas langsung oleh Presiden Jokowi ke Rohingya. Ini juga berdasarkan perintah presiden kepada gubernur untuk berpartisipasi," kata Devo. 

Jumlah ini masih aman untuk cadangan beras Sulsel,  karena Sulsel masih memiliki 140 ton. 

Danlanud Hasanuddin, Marsma TNI Bowo Budiarto menjelaskan, bantuan akan diangkut menggunakan pesawat Hercules tipe B. 

"Setiap pesawat mampu mengangkut 10 ton. Jadi kami siapkan dua unit pesawat Hercules untuk mengangkut 20 ton," ungkap Bowo.

Dia melanjutkan, beras-beras yang diangkut tersebut sudah dipaket per 15 kilo setiap zak. Total beras yang dipaketkan sebanyak 1322 zak. 

Ditambahkannya, bantuan tersebut akan diangkut dari Makassar melalui Jakarta dan selanjutnya ke Aceh. Kemudian langsung ke Rohingya. 

"Begitu kondisi memungkinkan, akan langsung dikirim ke Rohingya, "ujar Bowo.

Menurutnya, instruksi Kepala Staf Angkatan Udara untuk menomorsatukan kegiatan kemanusiaan harus diapresiasi dengan gerak cepat dan kerja-kerja maksimal bekerja sama dengan Pemrov Sulsel. 

"Pak gubernur masih menjanjikan bantuan beras lagi ke depan. Yah, sekitar 100 ton," pungkasnya. (NIA)

(AP)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA