1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Presiden buka peringatan Harkopnas ke-70 di Makassar

Keputusan penting akan dihasilkan melalui Kongres Koperasi III

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 12 Juli 2017 18:36

Merdeka.com, Makassar - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (12/7). Dalam kegiatan tersebut, ribuan peserta yang berasal dari insan koperasi se-Indonesia membanjiri lokasi.

Presiden datang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Turut hadir Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Ngurah Puspayoga, Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid beserta jajaran, serta kepala daerah dan unsur muspida dari berbagai daerah.

Jokowi dalam amanatnya mengatakan, sumbangan Koperasi terhadap perekonomian negara saat ini berkisar 3,09 persen. Namun hal tersebut masih terbilang rendah jika dibanding negara lain. Menjadi pekerjaan rumah besar agar Koperasi bisa meningkat drastis.

"Meski meningkat dibanding 2,5 tahun lalu, tapi jika dibandingkan negara lain misalnya Perancis 18 persen, Selandia Baru 20 persen, kita masih jauh tertinggal. Padahal kita setiap tahun selalu berteriak Koperasi sebagai penggerak perekonomian kita," kata Jokowi.

Ketua panitia pelaksana yang juga Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mengungkapkan, pada tahun ini Harkopnas terbilang spesial. Sebab digelar serangkaian dengan Kongres Koperasi III. Sebelumnya Kongres I digelar di Tasikmalaya pada tahun 1947 dan Bandung, 1953. Adapun Kongres III rencananya dibuka di Hotel Clarion Makassar, malam nanti, hingga 15 Juli.

"Setelah 54 tahun, kongres digelar di tengah berbagai fenomena kebangkitan koperasi nasional dan daerah," kata Danny saat membacakan laporan kegiatan.

Rangkaian Harkopnas 2017 di Makassar sebelumnya dimeriahkan berbagai kegiatan dan program. Di antaranya jalan santai, kemah koperasi, dan pameran berbagai produk koperasi dan UMKM.

Danny Pomanto berharap dengan sejumlah persiapan yang dimatangkan, Harkopnas ke - 70 dapat berlangsung sukses. Apalagi perhelatan ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah bagi insan koperasi Indonesia. Makassar menjadi tuan rumah Kongres III Koperasi setelah Tasikmalaya di tahun 1947, dan Bandung 1953.

“Keputusan - keputusan penting yang akan melejitkan koperasi di tanah air bakal lahir dari Makassar,” kata Danny. (NIA)

(AP)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA