1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Presiden Jokowi bakal tinjau kebun cabai di lorong-lorong Makassar

Harkopnas ke-70 dibuka di Lapangan Karebosi, Rabu (12/7)

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 09 Juli 2017 11:53

Merdeka.com, Makassar - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan membuka peringatan Hari Koperasi Nasional di Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/7). Dalam kunjungannya, Presiden juga diagendakan mengunjungi kawasan Badan Usaha Lorong (BULo) di kecamatan Ujungpandang.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengungkapkan, agenda presiden tersebut diketahui berdasarkan informasi dari Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid. Jokowi rencananya tiba pada Rabu siang di Makassar dan langsung ke Lapangan Karebosi.

“Rencananya pak Presiden juga akan mengunjungi BULo usai membuka Harkopnas di Karebosi,” kata Danny dikutip dari Antara, Minggu (9/7).

BULo merupakan salah satu program Pemkot Makassar yang dianggap mampu membangkitkan perekonomian kerakyatan di Indonesia. BUlo adalah usaha pertanian yaitu penanaman cabai merupakan tanaman produktif bernilai ekonomis tinggi.

Menurut Danny Pomanto, BULo diyakini merupakan gerakan multi effect dimaknai sebagai gerakan menekan laju inflasi, gerakan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, mempersempit gini rasio, gerakan peningkatan jumlah RTH (Ruang Terbuka Hijau), serta gerakan mencerdaskan anak Makassar, dan gerakan bebas pengangguran.

Hasil dari BULo nantinya, akan dialokasikan untuk deposito pendidikan bagi anak lorong agar anak-anak dapat melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi, sisanya digunakan untuk menghidupi UMKM, dan mengembangkan BULo di setiap kecamatan.

"Tahun ini program BULo mulai efektif dijalankan. BULo menyasar lorong-lorong yang sebelumnya sukses mengubah diri menjadi Lorong Garden (Longgar). Langkah awal kita harus dikerjakan dari tujuh ribuan lorong di Makassar, sekitar 600 lorong disertakan program BULo," ungkapnya. (NIA)

(AP)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA