1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Jelang berakhir dua periode, Masyarakat Sulsel puas kinerja Syahrul-Agus

Nilainya di atas 50 persen

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 25 September 2017 14:40

Merdeka.com, Makassar - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis tingkat kepuasan publik atau masyarakat Sulawesi Selatan terhadap kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo - Agus Arifin Nu'mang (SAYANG). Hasilnya, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja mereka dan Pemprov Sulsel cukup tinggi.

Persepsi publik terhadap kinerja Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, sebanyak 60,48 persen menyatakan puas. Penilaian tersebut merupakan angka gabungan antara cukup puas dan sangat puas. Secara kuantitatif, angka ini tidak rendah karena berada di atas 50 persen.

"Ini tinggi, karena masuk kategori tingkat kepuasan berada di atas 50 persen," kata Faisal Arief Kamil Manager Riset Poltracking Indonesia.

Sementara itu, 59,21 persen publik puas dengan kinerja Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang. Survei dilakukan Poltracking dari tanggal 10 hingga 17 Agustus 2017 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Melibatkan 800 responden di Sulsel dengan margin of error plus-minus 3,5 persen.

Selain itu, survei ini menunjukkan dan memotret persoalan keinginan publik dimana kebutuhan mendasar apa yang harus dipenuhi di tingkat kecamatan. Hasilnya, masyarakat lebih cenderung memprioritaskan pembuatan/perbaikan jalan, jembatan, dan sarana pendidikan.

Pembuatan dan perbaikan jembatan dan jalan sebesar 34,78 persen, pembangunan sarana pendidikan 26,21 persen, pembangunan sarana ibadah 9,72 persen, penyediaan sarana kesehatan 1,41 persen, ketersedian listrik 0,90 persen, pelayanan publik 0,38 persen, lapangan pekerjaan 0,26 persen, lainnya 2,43 persen serta tidak menjawab atau tidak tahu 28,91 persen.

Faisal mengatakan, angka ini dapat dijadikan sebagai dasar Pemerintah Provinsi Sulsel dalam mengambil kebijakan.

"Temuan evaluasi kinerja Pemprov Sulsel ini bisa dijadikan patokan dalam melihat aspirasi masyarakat Sulsel," kata Faisal.

Sementara itu dalam penilaian kinerja pemerintah dalam aspek mengatasi kemiskinan, sebanyak 27,87 publik mengaku puas, di bidang pembangunan infrastruktur, perbaikan jalan dan jembatan terdapat 38,62 persen puas, bidang pengendalian harga kebutuhan pokok sebesar 38,49 persen puas, penanganan krisis listrik publik yang puas sebesar 43,35 persen.

Untuk bidang pengembangan potensi wisata, sebanyak 47,57 persen publik puas. 45,53 persen publik mengaku puas dengan cara Pemprov Sulsel dalam meningkatkan fasilitas pendidikan yang baik serta peningkatan fasilitas kesehatan yang baik sebanyak 44,12 persen puas. Untuk aspek pembangunan tata kota, perumahan dan ruang terbuka hijau sebanyak 44,25 persen puas.

(AP)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA