1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Ratusan pelajar ramaikan lomba nyanyian siul

Ada guru yang berencana menjadikannya ekstra kulikuler di sekolah

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 11 Mei 2016 15:00

Merdeka.com, Makassar - Ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-kota Makassar secara bergantian menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu dengan cara bersiul di pelataran Anjungan Pantai Losari, Rabu (11/5).

Lomba bersiul merupakan salah satu rangkaian pameran Pemerintah Kota, Makassar City Expo 2016 yang digelar sejak Minggu (8/5).

Panitia mencatat setidaknya 400 peserta tampil membawakan aneka lagu dengan teknik bersiul. Secara berkelompok, peserta membawakan nama sekolahnya masing-masing. Panitia membatasi waktu, lima menit per kelompok.

Pelatih seni SMP Negeri 32 Makassar, Mariani, yang mendampingi siswanya bertanding, menyatakan apresiasi terhadap lomba yang untuk pertama kali digelar di Indonesia. Menurutnya, lomba seni seperti ini bisa membantu dalam menggali bakat tersembunyi yang dimiliki para pelajar.

"Seni tidak memiliki batas. Bersiul pun menghasilkan nada yang indah. Kesempatan seperti ini penting untuk anak-anak kami," kata Mariani.

Mariani sendiri mengaku melakukan seleksi ketat di sekolah, sebelum menunjuk siswa untuk mengikuti lomba bersiul. Dalam menentukan pemenang, dia punya kriteria khusus yakni harus mampu bersiul dengan keras dan lama. "Kalau ada yang bisa, baru kita latih mmengenai tempo dan kemampuan mengatur nafas," ujarnya.

Usai lomba, Mariani mengungkapkan rencananya memasukkan bersiul sebagai kegiatan ekstra kurikuler di sekolahnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Muhammad Ismounandar menjelaskan, pelaksanaan Makassar City Expo memang didesain dengan konsep yang menghadirkan kegembiraan bersama. Karenanya disusun sejumlah lomba yang bisa sekaligus menjadi hiburan pengunjung pameran.

"Khusus lomba bersiul antar pelajar tergolong unik dan baru pertama kali digelar di Makassar, bahkan di Indonesia," ujarnya. Menurut Ismoundandar, kompetisi ini layaknya lomba menyanyi, di mana peserta harus membawakan sebuah lagu dengan merdu dan enak didengar. “Penilaiannya sama dengan lomba menyanyi. Ada sejumlah kriteria."(NIA)

(AP)
  1. Pameran
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA