1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Rektor ITB sebut wali kota Makassar istimewa, ini alasannya

Keduanya menjalin kerja sama di bidang penyediaan air bersih

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 12 Juni 2017 19:17

Merdeka.com, Makassar - Rektor Institut Teknologi Bandung Professor Kadarsah Suryadi memuji serta melayangkan apresiasi tinggi kepada wali kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Bahkan dirinya sesumbar menyebut Danny Pomanto adalah wali kota Yang sangat istimewa.

"Saya kira Pak Wali sangat istimewa, jarang ada wali kota yang punya kepedulian tinggi terhadap penanganan sampah dan air," ucapnya saat menerima langsung kunjungan wali kota Makassar bersama rombongan di ruang Rapim, Gedung CCAR ITB, Senin, (12/6).

Kunjungan ini sendiri dilakukan dalam rangka penandatangan Nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU), antara Pemkot Makassar dan ITB, tentang penyediaan air bersih dan perencanaan berbasis kelitbangan yang juga melibatkan PDAM Kota Makassar dan Lapi Indowater ITB.

Prof Kadarsah menyampaikan salah satu  yang dimaksud dalam Sustainable Depelovement Goals adalah air. Sebuah penelitian menemukan jika baru 50 persen penduduk Indonesia memiliki akses air bersih. Dengan

Jadi satu langkah yang sangat strategis kata Prof Kadarsah telah dilakukan oleh wali kota yakni dengan mengembangkan dan menggarap tentang air. Karena dengan air akan berdampak pada meningkatnya IPM, yaitu kesehatan.

"Tidak ada orang tidak butuh air. Pengalaman di Luwu Banggai, ditemukan tiga penyakit yang banyak diderita, Darah tinggi, diabetes, ginjal, karena air mengandung banyak zat berkapur. "Jadi kalau mau sehat, airnya dulu diselamatkan. Jadi makasih pak wali, bapak sudah membidik satu titik yang sangat strategis," tuturnya.

ITB sendiri saat ini tengah mengembangkan 99 kelompok keahlian. Rektor ITB pun dengan senang hati menyodorkan Danny Pomanto untuk dikerjasamakan. "Jadi monggo pak wali kami punya 99 lagi kelompok keahlian yang siap berkolaborasi," pungkasnya.

Sementara itu, Danny Pomanto mengaku sangat terhormat bisa menjalin kerja sama dengan ITB.

"ITB adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Keuntungan bagi kota Makassar bisa melakukan hubungan kerja sama, terlebih dengan ITB, memberikan sebuah semangat bagi pemerintah Makassar dan memberi Back up pengetahuan bagi pemerintah kota Makassar terhadap inovasi- inovasi dan terobosan-terobosan yang hari ini sangat dituntut Masyarakat," katanya.

"Terutama mencarikan solusi strategis terhadap begitu banyak permasalahan yang ada di masyarakat. Baik yang sedang tumbuh maupun yang sudah kronis. Terutama aplikasi slolusi praktis di lapangan. Karena masyarakat sekarang ini tidak butuh teori ia butuh praktek langsung di lapangan," jelas Danny lagi.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Prof Kadarsah, dari 99 kelompok keahlian ITB selain pengajaran, pendidikan dan penelitian, mereka juga melakukan pendampingan masyarakat yang disebut pengelolaan teknologi tepat guna. Pendampingan ini tidak terlalu memunculkan teori, namun lebih mendorong praktek dan aplikasi lapangan. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA