1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Siapkan kongres PSSI di Makassar, panitia kantongi rekomendasi polisi

Dua hotel disiapkan sebagai lokasi kongres

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 11 Oktober 2016 15:55

Merdeka.com, Makassar - Pelaksana tugas Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulawesi Selatan Alwi Kattu optimistis Kongres Biasa PSSI  tetap digelar sesuai rencana di Makassar. Kongres dengan agenda utama pemilihan Ketua PSSI sebelumnya diagendakan digelar pada 17 Oktober 2016.

Alwi Kattu mengatakan, panitia lokal Kongres PSSI di Makassar telah mengantongi rekomendasi izin keamanan dari kepolisian. Rekomendasi diterbitkan Kepolisian Resor Kota Besar Makassar melalui surat tertanggal 9 September, yang ditanda tangani Kepala Satuan Intelkam Ajun Komisaris Besar Kaimuddin.

Surat tersebut menjadi dasar permohonan izin keamanan kepada Mabes Polri. Adapun Mabes Polri, sejauh ini disebut belum mengeluarkan izin keamanan untuk Kongres.


“Kita masih menunggu,” kata Alwi, Selasa (11/10). Dia juga membantah bahwa Mabes Polri telah mengeluarkan izin keamanan untuk Kongres di Yogyakarta. “Saya sudah komunikasi, izin itu belum ada,” ujarnya.

Dalam surat rekomendasi yang ditunjukkan kepada merdeka.com disebutkan, pihak Polrestabes Makassar memperbolehkan PSSI menggelar Kongres pada 17 Oktober selama tidak menimbulkan kerawanan. Dengan catatan, panitia pelaksana bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban kegiatan tersebut.

Panitia juga diminta menyampaikan kepada kepolisian setempat sebelum kegiatan dimulai dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, serta mematuhi segala peraturan yang berlaku. Salah satu catatan juga menekankan bahwa surat rekomendasi bukan merupakan surat izin keramaian, sehingga panitia pelaksana diminta berkoordinasi dengan Direktorat Intelkam Polda Sulsel untuk mendapatkan surat izin tersebut.

Alwi mengatakan, panitia lokal tengah mempersiapkan dua lokasi untuk menggelar Kongres PSSI di Makassar. Masing-masing lokasi disebut mampu menampung hingga 500 orang peserta yang berasal dari pengurus provinsi PSSI dan pengurus klub anggota.

“Kami sudah mempersiapkan pelaksanaan Kongres Makassar. Termasuk mempersiapkan 150 orang sebagai petugas keamanan internal di lokasi,” ujarnya.

Sejauh ini Kongres PSSI masih berpolemik. Pengurus PSSI bersikeras agar agenda tersebut tetap dilaksanakan di Makassar. Adapun pemerintah, melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menginginkan agar kongres dipindahkan ke Yogyakarta.

(AP)
  1. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA