1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

26 ribu sapi asal Sulsel disiapkan untuk hari raya kurban

Sebagian bakal disuplai ke luar daerah

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 16 Agustus 2017 09:25

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan sebanyak 26 ribu sapi kurban jelang hari raya Idul Adha tahun 2017. Selain untuk kebutuhan lokal, sebagian hewan ternak juga bakal disuplai ke luar provinsi.

“Sekitar 14 ribu hewan untuk memenuhi kebutuhan kurban di Sulsel. Sisanya 14 ribu dikirim ke luar,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel Abdul Aziz.

Aziz mengatakan, kebutuhan hewan ternak terbesar di Sulsel berada di kota Makassar, sebagai ibukota provinsi. Karenanya khusus untuk kota tersebut disiapkan 10 ribu ekor. Jumlahnya hampir sama besar dengan tahun sebelumnya.

Untuk mengoptimalkan penyebaran hewan ternak, pemerintah tengah mendata jumlah kebutuhan di setiap wilayah. Sejauh ini pemerintah belum menyimpulkan apakah jumlah stok yang disiapkan sudah cukup menutupi kebutuhan masyarakat.

Meski demikian, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan disebut telah berkoordinasi dengan para pengusaha atau pun peternak. Jika, sewaktu-waktu stok yang disiapkan ternyata kurang.

“Estimasi kita hampir sama dengan tahun lalu. Setelah Idul Adha baru kita bisa tahu, apakah kebutuhan tahun ini sama, berkurang, atau malah lebih dibandingkan tahun lalu,” ujar Aziz.

Jelang Idul Adha, Pemprov Sulsel tidak hanya menyediakan stok sapi. Pemerintah juga mempersiapkan tujuh ribu ekor kambing sebagai alternatif hewan kurban. Sehingga total stok hewan kurban di tingkat provinsi mencapai 33 ribu ekor.

“Semua hewan ternak dipastikan melalui pemeriksaan awal untuk memastikan kesehatannya. Tapi setelahnya akan dilakukan pemeriksaan yang disebut postmortem, untuk hewan yang dicurigai menderita penyakit,” kata Aziz. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA