1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Wawali: Makassar kuat karena banyak masjid

Selain tempat ibadah, masjid juga berfungsi menjadi pusat aktivitas sosial masyarakat

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 01 Oktober 2016 12:20

Merdeka.com, Makassar - Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal mengungkapkan bahwa ibu kota Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah dengan jumlah masjid terbanyak di Indonesia. Hal itu disebut sebanding dengan kualitas keimanan masyarakatnya.

Menurut Deng Ical -sapaan Syamsu Rizal-, di Makassar berdiri lebih dari 1.700 masjid. Selain menjadi tempat ibadah, masjid-masjid tersebut juga dijadikan wadah beraktivitas sosial oleh masyarakat setempat. Dengan demikian bisa dikatakan aktivitas masyarakat berbasis masjid.

“Kualitas keimanan dan ketahanan sosial kita memang berbasis masjid. Jadi yang membuat kota Makassar bisa kuat karena masjidnya banyak,” kata Ical dikutip dari Kantor Berita Radio Nasional, saat berpidato di hadapan jemaah masjid Fathurrahman, kecamatan Tamalate Makassar, Jumat (30/9).

Menurut Ical, pemanfaatan masjid di Indonesia, termasuk Makassar sebagai pusat aktivitas masyarakat merupakan bentuk pemakmuran. Di negara lain, masjid kebanyakan hanya dijadikan tempat ibadah.

Ical juga menyinggung keistimewaan di Indonesia, di mana pemerintah memberikan kesempatan kepada warganya untuk membuat dan membangun sendiri masjid. Hal yang sama, kata dia, juga hanya bisa ditemui di Pakistan. “Tapi pakistan jauh, jumlah masjid di Indonesia paling banyak,” kata Ical.

(AP)
  1. Keagamaan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA