1. MAKASSAR
  2. PSM

Lawan Semen Padang, PSM usung misi tuntaskan dendam

Pelatih di kedua tim saling mewaspadai

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 08 September 2016 12:05

Merdeka.com, Makassar - Tim sepak bola PSM Makassar dijadwalkan menjamu Semen Padang pada lanjutan kompetisi Torabika Soccer Championship 2016, si Stadion Andi Mattalatta Makassar, Jumat (9/9). Pada laga kali ini, Syamsul Chaeruddin dan kawan-kawan bakal berupaya menuntaskan dendam akibat kekalahan yang diderita pada pertemuan sebelumnya.

Kedua tim bertemu pada laga perdana TSC 2016, di Stadion H Agussalim Padang, Sumatera Barat, akhir April lalu. Kala itu PSM takluk 1-2 dari tim Kabau Sirah.

Pelatih PSM Robert Rene Alberts menyatakan, penting bagi timnya mengalahkan Semen Padang. Selain balas dendam, tambahan tiga poin bakal mendorong Juku Eja ke posisi lebih baik di klasemen. Apalagi manajemen klub menargetkan prestasi tinggi pada putaran kedua ini.

“Kami akan berjuang untuk memetik kemenangan. Melawan Semen Padang tentu kami ingin rebut poin penuh,” kata Robert.

Semen Padang bukan lawan baru bagi PSM. Keduanya telah lima kali bertemu dalam empat tahun terakhir, dengan catatan tiga kemenangan bagi Semen Padang. Satu kali PSM menang, satu lagi berakhir imbang. Kemenangan terakhir PSM diraih lewat adu penalti di Piala Jenderal Sudirman, tahun 2015.

Catatan rekor tersebut, bagi Robert tidak jadi dasar patokan pada pertemuan kali ini. Kedua tim sama-sama dalam suasana baru, usai perombakan tim jelang putaran kedua TSC. Pelatih asal Belanda ini sendiri tidak tahu persis bagaimana kekuatan calon lawannya.

“Kita harus mewaspadai semua lawan. Semen Padang, saya tidak tahu peta kekuatannya,” ujar Robert.

Hampir komplet

PSM bersiap menghadapi Semen Padang dengan kekuatan penuh. Gelandang veteran Syamsul Chaeruddin bersama bek andalan Hendra Wijaya bisa kembali merumput setelah terkena akumulasi kartu. Satu-satunya pemain yang tidak bisa tampil adalah Kwon Jun. Pria Korea Selatan itu masih didera cedera kaki.

Di sisi lain, pelatih Semen Padang Nil Maizar menyertakan 18 pemain dalam lawatannya ke Makassar. Satu di antaranya, Irsyad Maulana, menyusul dari Solo, Jawa Tengah, usai memperkuat Tim Nasional Indonesia dalam pertandingan uji coba melawan Malaysia.

Dalam daftar skuat Semen Padang tercantum empat legiun asing, yakni Cassio Fransisco de Jessus, Muamer Svraka, Marcel Silva Sacramento, dan Cristover Manuel Sibi. Bek kiri andalan mereka, Novan Setya Sasongko belum bisa ikut serta karena masih didera cedera usai menghadapi Persija Jakarta, pekan lalu.

Pelatih Nil Maizar mengatakan, timnya meningkatkan kewaspadaan jelang laga kontra PSM. Sebab calon lawannya dianggap tengah mengalami perubahan, dengan masuknya sembilan tenaga baru, termasuk empat pemain asing. Pihaknya telah melupakan kemenangan atas tim yang sama pada putaran pertama lalu.

“Kami wajib mewaspadai, apalagi mereka tampil di kandang sendiri,” kata Nil Maizar.

Rekor pertemuan PSM vs Semen Padang

(29/4/2016)      Semen Padang 2-1 PSM (TSC 2016)
(20/11/2015)    PSM  0 (4) - 0 (3) Semen Padang (Piala Jenderal Sudirman)
(29/9/2013)      Semen Padang 0-1 PSM (Indonesia Premier League)
(5/5/2013)        PSM 0-1 Semen Padang (Indonesia Premier League)
(3/6/2012)        Semen Padang 3-1 PSM (Indonesia Premier League)
(15/1/2012)      PSM 1-1 Semen Padang (Indonesia Premier League)

(AP)
  1. Torabika Soccer Championship
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA