1. MAKASSAR
  2. PSM

Tantang Bhayangkara, PSM pertaruhkan peluang juara

Kedua tim terpaut empat angka di klasemen sementara

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 18 Oktober 2017 13:48

Merdeka.com, Makassar - PSM Makassar dijadwalkan menantang tuan rumah Bhayangkara FC, pada pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Kamis (19/10). Pertandingan ini diprediksi berlangsung seru, sebab kedua tim sama-sama berpeluang meraih gelar juara musim ini.

Dikutip dari situs Liga 1, Bhayangkara FC sementara ini memang ada di puncak klasemen, dengan keunggulan 4 poin atas PSM. Bhayangkara memiliki 59 poin, sedangkan PSM mengumpulkan 55 poin di peringkat tiga.

Menghadapi pertandingan ini, Bhayangkara FC sebetulnya baru saja mengalami momentum negatif. Rekor 11 pertandingan tidak terkalahkan sejak pekan ke-18, harus terhenti pada pertandingan ke-12 di kandang Barito Putera, skor 0-1, di pekan ke-29 lalu.

Hal itu patut diwaspadai pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy. Pelatih asal Skotlandia itu dituntut untuk bisa mengembalikan kepercayaan diri Evan Dimas dan kawan-kawan, supaya kekalahan di kandang Barito Putera tidak berkelanjutan. Apalagi kompetisi tinggal menyisakan 5 pertandingan, termasuk pekan ke-30 ini.

Beruntung, Bhayangkara FC bisa turun penuh dalam pertandingan nanti. Gelandang bertahan Wahyu Subo Seto yang di markas Barito Putera tidak bisa diturunkan, kali ini sudah bebas dari skors akumulasi kartu kuning.

Sementara dari pihak PSM, pelatih kepala Robert Alberts dipastikan tidak bisa menurunkan 3 pemain andalan sekaligus. Mereka adalah striker Ferdinand Sinaga, penyerang sayap Titus Bonai, dan gelandang bertahan Rizky Pellu.

Ferdinand Sinaga dan Rizky Pellu harus absen karena skors akumulasi kartu kuning. Sedangkan Titus Bonai menepi karena mengalami cedera engkel ketika menghadapi Persib Bandung di pekan ke-29.

Kehilangan 3 pemain pilar sekaligus dalam laga krusial melawan Bhayangkara FC, jelas bukan pekerjaan gampang buat PSM. Dibutuhkan pelapis yang betul-betul siap untuk menghadapi tekanan, terutama tekanan harus menang.

Sebab, bila PSM gagal menuai kemenangan atau setidak-tidaknya seri, usaha untuk mengejar gelar juara Liga 1 bisa-bisa tertutup.

Sebagai gantinya Robert Alberts kemungkinan menaruh Syamsul Chaeruddin untuk menggantikan Rizky Pellu, kemudian Titus Bonai diganti M Rahmat, sedangkan posisi Ferdinand Sinaga diisi Pavel Purishkin, striker yang menjadi penentu kemenangan PSM atas Persib di pekan ke-29, skor 2-1.

 

Tentu saja tim pelatih juga akan sangat mengandalkan peran tiga pemain asing lainnya, yaitu Steven Paulle, Marc Klok, dan Wiljan Pluim. Belum lagi Hamka Hamzah yang meskipun menjadi bek tengah, tapi produktif karena kerap membantu serangan sampai di kotak penalti.

(AP)
  1. Liga 1 Indonesia
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA