1. MAKASSAR
  2. PSM

Jamu Persiba, PSM berpeluang kembali ke puncak klasemen

Pelatih Robert Alberts enggan sesumbar

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 23 Oktober 2017 13:41

Merdeka.com, Makassar - PSM Makassar berpeluang memuncaki klasemen Liga 1 musim 2017, jika mampu mengalahkan Persiba Balikpapan. Kedua tim dijadwalkan berjumpa pada pertandingan lanjutan pekan ke-31 di Stadion Mattoangin Makassar, Selasa besok (24/10).

Dengan menyisakan empat pertandingan, tim asuhan Robert Rene Alberts kini menempati peringkat dua. Raihan 58 poin -sama dengan Bali United di peringkat dua- hanya terpaut satu angka dari pemuncak klasemen sementara Bhayangkara United.

PSM setidaknya masih harus bersaing empat tim. Sebab Persipura dan Madura United juga masih menyimpan peluang yang sama. Dua tim tersebut kini berturut-turut duduk di peringkat empat dan lima dengan 58 dan 56 poin.

Dikutip dari situs Liga 1, kans untuk kembali ke puncak begitu besar bagi PSM. Selain perkasa di kandang (13 kemenangan dan sekali seri dalam 14 laga kandang), Juku Eja juga menghadapi tim yang terancam degradasi, sehingga, di atas kertas Willem Jan Pluim dan kawan-kawan bakal mudah melumat Beruang Madu.

Namun, kondisi tersebut tidak membuat pelatih PSM Robert Rene Alberts jemawa. Pelatih asal Belanda ini justru meminta pemainnya tidak meremehkan lawan yang punya motivasi tinggi untuk bangkit dari zona degradasi.

"Ingat, putaran pertama lalu kami ditahan Persiba 2-2 di kandang mereka. Artinya, Persiba punya agresivitas serangan yang tinggi. Kami harus fokus agar hasil imbang tersebut tidak terulang di Makassar. Terbukti, mereka bisa menyulitkan kami," kata Rene Alberts.

Soal strategi, Rene Alberts menyebut timnya akan menerapkan skema menyerang dan mencetak gol secepat mungkin. “Setelah mencetak banyak gol, saya akan merotasi pemain. Sebab, kami butuh pemain dengan kondisi prima saat tandang ke markas Barito Putera dalam laga selanjutnya," ujarnya.

Selain itu, kemenangan di Makassar juga semakin mempermulus jalan PSM meraih juara kompetisi kasta tertinggi ini. Terlebih, masih ada sisa dua laga kandang dari tiga laga berikutnya.

Sebaliknya, Persiba berangkat ke Makassar dengan membawa 18 pemain. Pelatih Persiba Haryadi menegaskan kepada timnya untuk selalu optimistis.

"Kami tahu posisi kami saat ini masih berada di urutan ke-17. Tapi, saya tekankan ke pemain, ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami akan terus berjuang, bersama-sama," Haryadi menegaskan.

(AP)
  1. Liga 1 Indonesia
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA