1. MAKASSAR
  2. PSM

PSM Kudeta Bhayangkara FC Dari Puncak Klasemen

Liga 1 menyisakan tiga pertandingan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 24 Oktober 2017 18:20
 
PSM Makassar mengambil alih pucuk klasemen sementara kompetisi Liga 1, berkat tambahan tiga poin di pekan ke-31. Bermain di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Selasa 24 Oktober 2017, tim Juku Eja menang dengan skor 3-1.
 
Di hadapan 13 ribu lebih pendukung, tim tuan rumah membuka keunggulan lewat Rizky Pellu di menit 14. Persiba sempat membalas melalui kaki Junior Lopes di babak kedua, tapi dua gol Ferdinand Sinaga mengandaskan harapan tim tamu.
 
Dengan kemenangan ini, PSM naik ke peringkat satu klasemen dengan 61 poin. Mereka menyalip Bhayangkara, pengoleksi 59 poin yang baru memainkan pertandingan belakangan.
 
Naas bagi Persiba, kekalahan membuat posisi mereka kian sulit. Sejauh ini mereka masih terjerumus di zona degradasi, menempati peringkat 17 dengan 23 poin.
 
Ambisi merebut gelar juara membuat PSM Makassar tampil agresif. Sejak kick-off, mereka langsung membombardir pertahanan tim tamu. Di sisi lain, Persiba memilih bertahan dengan menurunkan lima bek sekaligus.
 
Hanya butuh 14 menit bagi tuan rumah untuk mengubah skor. Gelandang Rizky Pellu mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pertama. Bola sundulannya menyambut tendangan penjuru Zulham Zamrun menyentuh jaring gawang.
 
Sejumlah peluang menggandakan keunggulan dimiliki PSM di sepanjang babak pertama. Namun hingga jeda, skor bertahan 1-0.
 
Adapun Persiba mencatat peluang terbaik di menit ke-33. Gelandang Ilhamul Irhaz yang lolos dari jebakan offside tinggal berhadapan dengan kiper Rivky Mokodompit. Tapi bola yang ia tendang masih bisa ditepis.
 
Pelatih PSM Robert Rene Alberts meningkatkan intensivitas serangan di awal babak kedua. Winger M Rahmat dimasukkan, mengganti Pavel Purishkin yang tidak banyak berkontribusi di 45 menit pertama.
 
Keasyikan menyerang justru membuat PSM lengah. Memanfaatkan situasi tendangan penjuru di menit ke-56, Persiba mampu menyamakan kedudukan. Tendangan Junior Lopes di mulut gawang tak mampu dihalau pemain lawan.
 
Skor imbang tidak bertahan lama, sebab PSM kembali mencetak gol empat menit kemudian. Ferdinand Sinaga yang menerima umpan terobosan Wiljan Pluim bisa lepas dari kawalan bek lawan. Dengan tenang dia lalu mengeksekusi 'si kulit bundar' melewati kiper Persiba Yoewanto Stya Beny.
 
Di menit 70 Ferdinand nyaris mencetak brace. M Rahmat mengirimkan umpan silang tepat ke kepalanya, tapi bola sundulan masih bisa ditepis kiper.
 
Gol tambahan yang ditunggu publik tuan rumah baru datang di menit ke-84. Kali ini Ferdinand tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mirip dengan gol pertamanya, pemain berusia 29 tahun lolos dari jebakan offside usai menerima umpan terobosan Pluim. Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-1.
 
Ferdinand tidak hanya memastikan kemenangan PSM atas Persiba. Dia juga untuk sementara menjadi top scorer di klubnya, sejajar dengan Pluim yang mengoleksi sebelas gol musim ini.
 
Persaingan menuju gelar juara semakin ketat di akhir musim. Mengingat kompetisi menyisakan tiga pekan pertandingan. Sebagai salah satu penantang utama, PSM masih harus menghadapi laga sengit berurutan melawan Barito Putera, Bali United, dan Madura United.
 
Daftar susunan pemain
 
PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Wasiat Hasbullah, Marc Antony Klok (M Arfan), Rizky Pellu, Willem Jan Pluim (Gozali Siregar), Zulham Zamrun, Ferdinan Sinaga, Pavel Purishkin (M Rahmat)
.
Persiba Balikpapan: Yoeanto Setya; Yudi Khoeruddin, Lourival Junior Lopes (Hendra Sandi Gunawan), Absor Fauzi, Iqbal Samad, Alfath Faathier, Bryan Cesar (Bijahil Chalwa), Anmar Almubaraki, Srdjan Lopici, Muhammad Ilhamul, Maldini Pali (Siswanto).

 

(AP)
  1. Liga 1 Indonesia
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA