1. MAKASSAR
  2. SENI BUDAYA

Film cerita masa kecil Jusuf Kalla diputar khusus di Makassar

Hasil penjualan tiket untuk pemeliharaan rumah budaya yang didirikan Riri Riza

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 22 September 2016 10:24

Merdeka.com, Makassar - Karya sinema terbaru Miles Film berjudul Athirah, yang bercerita tentang ibunda dan masa kecil Jusuf Kalla siap ditayangkan di seluruh Indonesia. Rencananya film tersebut bakal diputar secara spesial di Makassar, Sulawesi Selatan, 28 September 2016, sebelum secara serentak masuk jaringan bioskop nasional, sehari berikutnya.

Film yang digarap duet produser dan sutradara Mira Lesmana - Riri Riza, akan diputar bioskop XXI Cinema Mall Ratu Indah Makassar mulai pukul 19.30 WITA. Masyarakat umum bisa menikmati pengalaman nonton bareng kru dan pemeran film, dengan membayar tiket senilai Rp 250 Ribu.

Tiket, selain berfungsi akses masuk, juga menjadi donasi bagi Rumata Artspace, rumah budaya yang didirikan Riri Riza di tanah kelahirannya, Makassar. “Seluruh hasil penjualan tiket dari penayangan khusus ini untuk pemeliharaan Rumata’ Art Space dan sarana pemutaran film komunitas,” kata Media Relation Rumata’ Art Space, Wulan Anita.

Creative Design and Communication Mall Ratu Indah, Jessy Rezky mengatakan, pemutaran spesial Athirah merupakan bentuk penyambutan terhadap film nasional yang mengangkat warna budaya Bugis - Makassar. Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla dijadwalkan hadir pada agenda tersebut.

"Sesuai info sekretariat, special screening bersama Bapak JK dan undangan pada 28 September,” ujar Jessy. Dia berharap agenda tersebut berjalan lancar dan dinikmati bersama.

Ucu' kecil

Film Athirah merupakan adaptasi dari novel karya Alberthiene Endah dengan judul yang sama. Mengangkat sebuah drama tentang keluarga dengan latar belakang budaya Bugis - Makassar yang memikat.

Dalam film ini diceritakan bagaimana Athirah yang diperankan Cut Mini menghadapi kegoyahan hidup dan teguh. Termasuk bergulat melawan perasaan suaminya berpoligami, serta mencoba mempertahankan keluarganya.

Film juga mengungkap kisah Ucu’ -sapaan Jusuf Kalla- saat remaja dan menjadi penopang sang ibu. Riri Riza menyebut Athirah merupakan film tentang sebuah penghormatan bagi ibu.

Selain di Indonesia, film Athirah rencananya siap tampil di tiga festival film internasional. Dari berbagai sumber diketahui, masing-masing pada Vancouver International Film Festival di Kanada, Bussan International Film Festival Korea Selatan, dan Tokyo International Film Festival Jepang. Pemutaran di luar negeri berlangsung sejak September hingga November.

(AP)
  1. Film
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA