1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Katon Bagaskara buat lagu untuk film Makassar, Uang Panai

Pentolan Kla Project mengaku tertarik dengan cerita yang mengangkat tradisi masyarakat Sulawesi Selatan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 16 Juni 2016 13:45

Merdeka.com, Makassar - Film Uang Panai, karya sineas lokal Makassar lewat Makkita Cinema Production, bakal tayang perdana di bioskop seluruh Indonesia usai lebaran Idul Fitri tahun ini. Pentolan Kla Project Katon Bagaskara membuat lagu untuk mengisi soundtrack film tersebut sebagai dukungan nyata terhadap sineas lokal.

Katon menciptakan lagu berjudul "Duniaku Duniamu", yang akan menjadi soundtrack utama film.  

"Musisi Katon Bagaskara yang turut memerankan profesi barista di film ini merasakan pengalaman tradisi budaya Bugis-Makassar. Tingginya uang mahar pernikahan di tanah Sulsel sudah terkenal kemana-mana,” kata Wachyudi Muhcsin, dalam rilisnya, Kamis (16/6).

Film Uang Panai = Maha(r)l dibintangi pemain-pemain lokal Makassar, di antaranya dua komedian Tumming dan Abu. Film ini berkisah tentang seorang pemuda yang hendak melamar sang kekasih, namun terhalang oleh jumlah mahar atau uang panai yang berjumlah cukup besar. Menggambarkan bagaimana perjuangan seorang lelaki saat ingin meminang gadis Bugis - Makassar.

Menurut rilis, Katon disebut tertarik ambil bagian dalam film karena tertarik dengan ceritanya. Uang panai atau mahar pernikahan sudah menjadi tradisi di Sulawesi Selatan, yang menurut Katon ibarat sebuah cerita legenda. Ditambah, dia juga penasaran dengan karya sineas muda Makassar.

"Apalagi yang mengajak saya bermain, Wachyudi Muchsin, sahabat karib yang sudah dikenal sejak lama sebagai sosok anak muda yang konsen terhadap kearifan lokal kota makassar,” kata Katon.

Wachyudi Muchsin mengungkapkan bahwa film Uang Panai menceritakan tentang kehidupan. Pesan yang ingin disampaikan dari film yang diangkat dari Budaya Bugis-Makassar ini, mahar pernikahan bukan segalanya dalam mewujudkan cinta suci dua insan (pernikahan).

"Alhamdulillah dengan support dari mas katon dengan soundtrack lagu Film Uang Panai memberi warna tersendiri bagi kru serta pemain," katanya.

(AP)
  1. Hiburan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA