1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

7 hal yang sebaiknya dihindari sebelum tidur

Keringat bisa memicu peningkatan suhu tubuh, yang membuat kita sulit terlelap

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 23 Mei 2016 20:18

Merdeka.com, Makassar - Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup setelah disibukkan berbagai aktivitas harian. Dan tidur adalah cara beristirahat yang paling baik. Dengan tidur, kita bisa mengistirahatkan organ-organ tubuh agar bisa kembali bekerja dengan maksimal.

Berikut hal-hal yang sebaiknya dihindari sebelum tidur atau menjelang jam tidur, untuk mendapatkan kualitas istirahat yang maksimal. Dirangkum dari Care2.com, aktivitas berikut bisa menghalangi kita bisa tidur nyenyak.

Olahraga
Olahraga penting untuk kesehatan, dan berkontribusi besar untuk memperoleh kualitas tidur yang lebih baik. Namun, berolahraga tiga jam sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh, dan membuat kita lebih sulit tidur. Sebaiknya kegiatan berkeringat dilakukan di awal hari.

Nonton TV atau jelajah internet
Penelitian menunjukkan bahwa melihat layar sebelum tidur menghambat kemampuan kita untuk terlelap. Lampu-lampu dari layar TV atau perangkat digital lainnya menghambat perkembangan melatonin, hormon yang memicu tubuh untuk tertidur. Sebaiknya jauhkan laptop atau matikan TV sekitar satu jam sebelum tidur.

Mandi air hangat
Seperti halnya olahraga, mandi dengan air hangat bisa membantu memberikan tidur yang berkualitas. Tapi melakukan kegiatan itu terlalu dekat dengan waktu tidur bisa menjadi masalah, karena tubuh menjadi terlalu panas atau mungkin berkeringat. Biarkan tubuh dingin sebelum menuju tempat tidur.

Minum terlalu banyak
Kafein dan alkohol sudah tentu membuat kita sulit mendapatkan istirahat malam yang baik. Air, dalam jumlah yang banyak, juga bisa berdampak yang sama. Minum banyak cairan satu atau dua jam sebelum tidur membuat kita sering terbangun tengah malam untuk buang air, yang membuat tidur terganggu. Kuncinya adalah keseimbangan.

Kerja
Apa pun pekerjaan atau tugas di kantor, bisa menunggu sampai pagi. Melakukan pekerjaan yang merangsang otak dapat menyebabkan stres. Jika sudah stres, tentu menjadi lebih sulit untuk terlelap. Lakukan hal sebaliknya, seperti menenangkan pikiran atau bermeditasi sebelum menuju kamar tidur.

Membaca cerita
Banyak dari kita melakukan ini: membaca sebuah novel yang sangat menarik dan mengatakan kepada diri sendiri, “satu halaman lagi.” Tapi kenyataannya tidak disadari waktu berlalu hingga dini hari. Membaca hal yang menarik, seperti novel atau esai memang akan membuat kita lebih sulit tidur. Mungkin anda bisa mengatasinya dengan mencari bacaan yang membosankan.

Pembicaraan serius
Penelitian menunjukkan bahwa langsung tidur setelah bertengkar atau mengalami pengalaman traumatis secara efektif akan melestarikan emosi sampai Anda terjaga. Tubuh manusia sulit terlelap dalam situasi berbahaya -itu adalah sistem pertahanan alami. Dengan begitu, sebaiknya hindari perdebatan atau konflik sebelum berencana menuju kamar tidur.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA