1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Profesi ini dipercaya buat orang tambah gemuk

Sejalan dengan tingkat stres

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 26 April 2017 13:15

Merdeka.com, Makassar - Sebuah penelitian yang dilakukan perusahaan riset asal Inggris, Harris Interactive, mengukur tingkat stres yang tinggi pada sejumlah pekerjaan. Namun di saat yang sama, juga tampak pertambahan bobot badan akibat stres.

Berikut pekerjaan yang bikin berat badan Anda bertambah, dilansir dari laman Deutche Welle, Rabu (26/4):

Agen Travel
Mereka bertugas menjamin klien merasa senang selama perjalanan. Merekalah yang merencanakan dan mengorganisir semuanya. Pekerjaan ini penuh stres karena tuntutan klien, selain itu mereka juga harus memenuhi target penjualan tertentu. Orang melewatkan banyak waktu dengan duduk.

Pengacara
Pekerjaan ini jelas melibatkan banyak stres dan tekanan. Sehingga makan karena stres atau resah, juga tidak mengontrol porsi tepat makanan dan jumlah kalori jadi penyebab orang bertambah bobot tubuhnya jika punya profesi ini.

Pekerja Sosial
Seperti halnya pekerja pada biro perjalanan, pekerja sosial melewatkan banyak waktu dengan duduk saat bekerja. Mereka biasanya makan siang di meja kerja, dan tidak punya kesempatan untuk ikut olah raga atau aktivitas fisik lain pada hari kerja.

Guru
Guru kadang berdiri di depan kelas seperti pada foto. Tetapi kadang mereka duduk saat mengajar di depan kelas. Selain itu, mereka melakukan semua pekerjaan administratif dengan duduk. Demikian halnya jika mereka mempersiapkan bahan pelajaran, memberikan nilai dan mengecek kehadiran murid.

Desainer, Arsitek dan Seniman
Jika punya profesi ini, orang kerap bisa mengatur waktu sendiri dan bekerja independen. Karena pekerjaan ini terutama terkait dengan kreativitas, orang tidak terikat jadwal ketat. Demikian halnya dengan makan. Mereka makan kalau ingin, dan duduk saat bekerja.

Asisten Administratif
Ini juga salah satu profesi yang menuntut orang untuk banyak duduk. Mereka harus siap membantu orang. Tingkat stres dan resah dalam pekerjaan tinggi sangat tinggi, dan terjadi tiap hari. Kebiasaan buruk yang biasanya kemudian muncul: makan siang di depan komputer.

Peneliti
Kemampuan intelektual kerap disertai kurangnya mobilitas. Karena terlalu ingin belajar dan mengenal hal baru, orang berprofesi peneliti kerap melupakan kebiasaan makan sehat. Pada NASA, misalnya, peneliti didorong melakukan olah raga di jam kerja, dan diimbau ikut program untuk mencegah kenaikan bobot tubuh.

Polisi
Profesi ini adalah salah satu yang tingkat stresnya paling tinggi. Kadang mereka bertugas di luar, di samping menyelesaikan banyak pekerjaan di meja kerja. Bagi mereka, makan kerap jadi cara satu-satunya untuk memerangi stres.

Manager Pemasaran dan Hubungan Masyarakat
Ini salah satu contoh pekerjaan yang bisa dilaksanakan tanpa jam kerja tertentu. mereka tidak punya batas waktu atau rutinitas tertentu, tapi punya acara-acara yang harus mereka hadiri. Kerap dalam acara-acara ini ada hidangan lezat. Ini setidaknya mempertinggi risiko penambahan bobot tubuh.

Profesi Bidang Teknologi Informasi
Bidang ini adalah kombinasi antara ilmu alam dan kreativitas. Pekerja dengan profesi ini biasanya duduk berjam-jam di depan komputer dan menderita stres. Mereka biasanya bekerja hingga larut malam dan punya kebiasaan makan buruk.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA