1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Gerakan Makassar Berkurban, enam ribu sapi disembelih

Semua hewan kurban dipastikan memiliki surat kesehatan

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 01 September 2017 17:42

Merdeka.com, Makassar - Melalui program Gerakan Makassar Berkurban Pemerintah kota Makassar akan menyembelih 6.306 sapi kurban.

Dari keterangan Kabag Kesra Kota Makassar Aswi Badawi, jumlah tersebut adalah total yang diperoleh dari sapi kurban yang terkumpul. Di antaranya Pemerintah Provinsi sebanyak 1 ekor dan SKPD Pemprov 165 ekor.

Wali kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto sendiri menyumbang sebanyak 20 ekor, Wakil Wali Kota Syamsu Rizal 1 ekor, Sekda Andi Baso Amiruddin 1 ekor, SKPD Pemkot Makassar 73 ekor dan Perusda Kota Makassar sebanyak 11 Ekor.

"Sebanyak 15 Kecamatan dan 153 Kelurahan se- kota Makassar juga masing- masing berpartisipasi memberikan hewan kurbannya dengan jumlah bervariasi," kata Aswi saat penyerahan sapi kurban di lapangan upacara Balaikota Makassar oleh wali kota Makassar.

Kecamatan Biring Kanaya misalnya menyembelih sapi kurban sebanyak 875 ekor, Kecamatan Tamalanrea 698 ekor, Kecamatan Panakkukang 638 ekor, Kecamatan Rappocini 827 ekor, Kecamatan Tamalate 460 ekor dan Kecamatan Manggala 640 ekor.

Ada pun Kecamatan Sangkarrang sebagai kecamatan baru juga ikut berkurban sebanyak 39 ekor sapi, termasuk kecamatan-kecamatan lain mulai dari 100 ekor hingga 200-an ekor.

"Semua sapi- sapi kurban ini dibeli dari Perusahaan Daerah (Perusda) Rumah Potong Hewan (RPH) dengan masing- masing dilengkapi dengan surat kesehatan," ucap Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto.

Danny juga menjelaskan kesemua hewan kurban tersebut disebar di seluruh wilayah kecamatan dan kelurahan kota Makassar.

"Kita sebar semua ini di kelurahan, jadi baru kali ini setiap kelurahan ada hewan kurban dari keluarga besar Pemkot Makasar," pungkasnya.

Untuk sumbangan 20 ekor sapi yang diberikan Danny juga disebar 15 kecamatan. 1 ekor per kecamatan, sedangkan sisanya 5 ekor diberikan ke berbagai kelompok atau komunitas di Makassar.

Selain sapi, pada Gerakan Makassar Berkurban ini, juga terdapat hewan kurban berupa kambing dengan jumlah total 372. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA