1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Ini konsep Smart City dan Sombere’na Makassar menurut Deng Ical

Inti program itu adalah menggerakkan partisipasi masyarakat

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 15 Mei 2016 12:53

Merdeka.com, Makassar - Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal memaparkan program Smart City dan Sombere’na Makassar, saat menjadi pembicara dalam seminar yang digelar Asosiasi Chief Engineer (ACE) Sulawesi Selatan di Makassar, Sabtu (14/5).

Pada kesempatan itu, Deng Ical -sapaan Syamsu Rizal- menjelaskan misi Pemerintah Kota Makassar antara lain merekonstruksi nasib rakyat, mereformasi birokrasi tata pemerintahan, dan merestorasi tata ruang dan lingkungan. Tujuannya menciptakan kota yang nyaman untuk semua. Untuk mewujudkan itu semua, dirancanglah Smart CIty dan Sombere’na Makassar.

Smart City mengacu pada pemanfaatan teknologi secara meluas untuk mempermudah pekerjaan dan pelayanan masyarakat. Adapun Sombere’na Makassar menitikberatkan keramahan yang pada akhirnya menciptakan suasana aman dan nyaman.

"Program pemerintah memberikan makna akan keramahtamahan masyarakat Makassar, yang optimis untuk mengikuti perkembangan teknologi tanpa meninggalkan budaya lokal," kata Deng Ical.

Adapun inti dari program ini, menurut Deng Ical adalah, menggerakkan partisipasi masyarakat atas pemanfaatan teknologi dan budaya ramah tamah. “Bagaimana mengembalikan budaya Makassar yang berbudi luhur, sipakatau, sipakalebbi, dan saling peduli,” ujarnya.

Menurut Deng Ical, terciptanya suasana yang kondusif, aman dan nyaman sudah tentu mendatangkan banyak manfaat bagi pertumbuhan sebuah kota. “Misalnya, akan memberikan efek positif bagi perkembangan usaha di kota Makassar.

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA