1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Mulai tahun depan, anak jalanan di Makassar punya rumah khusus

Diharapkan bisa menekan jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 15 November 2016 16:10

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto memaparkan rencana Pemerintah Kota menjalankan program baru dalam pengentasan masalah sosial pada tahun 2017. Program tersebut berupa penyediaan rumah tampung dan pengembangan keterampilan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Danny -sapaan Ramdhan- menyebut program baru tersebut dengan nama Rumah Bakat Rumah Hati. Diharapkan dari tempat tersebut, para penyandang masalah kesejahteraan sosial bisa memulai hidup baru yang mandiri.

"Kita didik mereka menjadi terlatih dan terampil. Kita cetak agen sosial di kota ini," kata Danny di Makassar, Selasa (15/11).

Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Mukhtar Tahir menjelaskan, Rumah Bakat Rumah Hati merupakan solusi untuk mengatasi persoalan PMKS. Lewat sistem rumah singgah tersebut, diharapkan jumlah PMKS di kota Makassar terus menurun, dan ditargetkan hingga nol persen. PMKS yang dimaksud antara lain anak jalanan, anak putus sekolah, pengangguran dan lain-lain.

Pada rumah singgah nantinya para anak jalanan dan sebagainya akan diberikan bantuan berupa penggalian bakat, asah otak, pembentukan kepribadian dan pembangunan karakter mandiri. Upaya tersebut diyakini dapat membimbing mereka untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih layak.

“Di rumah bakat Rumah Hati ini juga disiapkan sarana keterampilan seperti alat seni, bengkel, pendidikan dasar, dan lain–lainnya,” ujar Mukhtar. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA