1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot Makassar jemput bola dengan e-KTP mobile

Mobil keliling juga dimanfaatkan untuk sosialisasikan pentingnya dokumen kependudukan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 29 Oktober 2016 14:25

Merdeka.com, Makassar -  

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar mengalakkan layanan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP mobile. Dengan kendaraan operasional keliling, petugas Dinas mendatangi pemukiman penduduk untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Makassar Nielma Palamba mengatakan, pihaknya sengaja menjemput bola dengan mengadakan layanan perangkat bergerak. Itu diharapkan memudahkan warga yang belum merekam data e-KTP.

Tak hanya KTP, pelayanan juga meliputi pengurusan dan sosialisasi pentingnya dokumen kependudukan.

“Kami mendatangi kantong-kantong penduduk dengan mobil keliling. Kami menyasar wilayah yang berdasarkan data kami, masih banyak warganya belum melakukan perekaman data penduduk,” kata Nielma.

Pada perangkat mobil keliling, Dinas menyediakan sejumlah perangkat yang membantu kinerja petugas, seperti komputer, alat perekaman data, dan koneksi internet.

Menurut Nielma, sistem ini sangat efektif menjawab sejumlah permasalahan warga yang selama ini belum melakukan perekaman. “Misalnya jarak dengan kantor kecamatan yang jauh sehingga membutuhkan biaya untuk transportasi,“ ujarnya.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Makassar mencatat banyak faktor yang membuat warga enggan melakukan perekaman data kependudukan. Misalnya alasan lokasi yang jauh, atau merasa cukup dengan KTP konvensional. Ada juga karena faktor kesibukan atau merasa belum membutuhkannya.

“Banyak yang baru kelabakan pada saat membutuhkan. Makanya kami tidak berhenti melakukan sosialisasi,” Nielma melanjutkan.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA