1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot Makassar pantau peredaran daging jelang Ramadan

Tim menguji sejumlah produk peternakan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 03 Juni 2016 10:22

Merdeka.com, Makassar - Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Makassar beberapa hari terakhir rutin turun ke pasar tradisional dan modern untuk memantau peredaran daging jelang bulan suci Ramadan 1437 Hijriah.

Pemantauan dilakukan tim pengawasan produk peternakan bidang peternakan DKP3. Kamis (2/6), kegiatan dipusatkan di Pasar Pabaeng-baeng dan sejumlah pasar swalayan di jalan Sultan Alauddin.

Di lokasi tersebut, tim dinas menguji sejumlah produk peternakan seperti daging sapi, daging ayam, telur dan produk olahan hewan lainnya.

Kepala Bidang Peternakan, A Herliyani,  mengatakan, pemantauan untuk memberikan jaminan rasa nyaman masyarakat menjelang bulan suci Ramadan. "Hal ini kita lakukan agar warga dapat memperoleh produk asal hewani yang aman, sehat, utuh dan halal, supaya warga dapat nyaman mengkonsumsinya pada saat bulan suci ramdhan nanti," katanya, Jumat (3/5).

Herliyani menjelaskan, pemantauan daging dilakukan dengan sejumlah pengujian. Di antaranya pemeriksaan fisik, organoleptis, dan pengukuran kadar pH denan alat elektronik. Pemeriksaan untuk mengetahui apakah daging tersebut masih dalam kondisi baik, atau sudah mulai membusuk.

“Sehingga akan ketahuan, mana daging yang sudah tidak layak konsumsi,” ujar Herliyani.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner ( Kesmavet ) Bagoes Dwi Formanto mengatakan, dari hasil pemeriksaan di sejumlah pasar belum ditemukan daging yang tidak layak konsumsi. “Semua masih aman,” kata dia.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA