1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot mulai sosialisasi pemilihan langsung ketua RT/RW

Digelar serentak Februari tahun depan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 17 November 2016 10:20

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, pekan ini mulai menggalakkan sosialisasi di masyarakat tentang penyelenggaraan pemilihan Ketua RT/RW secara langsung. Agenda tersebut rencananya digelar secara serentak se-Makassar pada Februari 2017.

"Kita mulai sosialisasi sejak jauh hari agar agenda pemilihan ini berjalan maksimal," kata Ketua BPM Makassar M Yasir.

Yasir mengatakan, sosialisasi akan dilakukan di tengah berbagai unsur pemerintahan, mulai kecamatan, kelurahan, hingga RT/RW. Juga melibatkan berbagai kalangan tokoh masyarakat. Pada sosialisasi tersebut bakal dijelaskan tata cara, syarat, dan teknis lain seputar pemilihan Ketua RT/RW secara langsung.

Kepala Sub Bidang Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat BPM Makassar M Iskandar Lewa menyatakan pemilihan Ketua RT/RW se-Makassar terbuka bagi masyarakat umum yang ingin mencalonkan diri. Adapun syaratnya adalah calon Ketua RT mesti berpendidikan minimal SMP atau sederajat, sedangkan calon Ketua RW minimal SMA/ sederajat.

Syarat lain yang mesti dipenuhi antara lain, berdomisili di wilayah bersangkutan minimal satu tahun. Berusia antara 21 hingga 60 tahun, serta sanggup memenuhi dan melaksanakan program serta kebijakan pemerintah. Calon juga tidak boleh merangkap jabatan pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

"Calon juga harus mampu mengoperasikan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Path sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat setempat," kata Iskandar.

Nantinya, pemilihan Ketua RT/RW digelar serentak di 14 kecamatan se-Makassar. Suara terdiri dari kepala rumah tangga di wilayah masing-masing. Satu kartu keluarga diwakili satu suara.

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA