1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Penuhi kebutuhan kurban, Pemkot Makassar siapkan 10 ribu sapi

Pasokan datang dari sejumlah daerah penyangga

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 14 Agustus 2017 16:02

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar mempersiapkan sekitar sepuluh ribu ekor rapi kurban, jelang hari raya Idul Adha 2017. Sapi tersebut didatangkan dari dalam kota dan sejumlah daerah tetangga.

“Jumlahnya 8 ribu hingga 10 ribu ekor. Antara lain dari sejumlah kabupaten penyangga seperti Gowa, Maros, Soppeng, Wajo, Barru, Sidrap dan Pinrang," kata Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, Rahman Bando.

Rahman mengungkapkan, pasokan sapi kurban menjelang Idul Adha diprediksinya juga datang dari pengusaha ternak dan pedagang musiman di Makassar dan kabupaten/kota lain. Karena itu, pihaknya telah menyiapkan langkah antisipasi untuk mencegah maraknya pedagang sapi yang berjualan di pinggir jalan.
 
"Kami tadi sudah rapat membahas persiapan Idul Adha, termasuk mengantisipasi pedagang sapi di pinggir jalan yang bisa mengakibatkan kemacetan bahkan kecelakaan," tuturnya.
 
Tidak kalah penting, Rahman melanjutkan pihaknya memperketat pengawasan dan kesehatan hewan ternak. Pihaknya akan melakukan pemeriksaan intensif, baik itu di Rumah Potong Hewan (RPH), pasar dan lokasi penjualan dan penyembelihan hewan ternak.

"Kami akan buatkan semacam kartu pemeriksaan kesehatan hewan beserta stikernya. Itu nanti ditempel di hewan kurban untuk menandai layak atau tidaknya," ujarnya.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA