1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Polres Pelabuhan Makassar kini punya aplikasi anti begal

Tinggal menekan tombol panik, petugas polisi terdekat akan datang membantu

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 26 Oktober 2016 12:12

Merdeka.com, Makassar - Kepolisian Resor Pelabuhan Makassar menerapkan inovasi terbaru berupa aplikasi pengaduan berbasis telepon pintar. Dinamakan PasQ, aplikasi tersebut memungkinkan masyarakat mengirimkan pesan darurat untuk mendapatkan pertolongan petugas polisi terdekat.

PasQ -singktan Panic Alarm System and Quick Respond- menawarkan fitur utama berupa tombol panik. Jika ditekan, fitur tersebut langsung mengirimkan kode darurat berupa lokasi dan jenis pengaduan oleh pengguna ke pusat komando. Lalu diteruskan berupa notifikasi ke telepon pintar petugas polisi terdekat. Lokasi berupa tampilan peta yang diklaim cepat dan akurat.

Aplikasi PasQ bekerja dengan prinsip kerja peta digital. Pengguna tinggal mengaktifkan fitur lokasi atau GPS di telepon, agar aplikasi bisa memperbarui informasi keberadaan secara berkala.

Kepala Polres Pelabuhan Makassar Ajun Komisaris Besar Said Anna Fauza mengatakan, fitur tombol panik berguna untuk meminta pelayanan cepat petugas kepolisian terdekat. Aduan bisa berupa pencurian, perampokan, penganiayaan, begal, pemerasan, dan tindakan kriminal lainnya.

“Aplikasi ini semacam alat yang bisa mendeteksi di mana tempat seseorang memerlukan pertolongan. Cara kerjanya mudah, hanya menekan tombol panik, lokasi tempat anda berdiri saat itu sudah terdeteksi,” kata AKBP Said Anna Fauzah, Selasa (25/10).

“Jadi aplikasi in digunakan saat terjadi aksi pencurian, begal, dan apa pun juga yang memerlukan bantuan polisi,” dia menambahkan.

Menurut Said, aplikasi PasQ tidak hanya berguna untuk mengirimkan pesan darurat. Masyarakat yang menginstal aplikasi ini juga bisa dengan mudah menemukan telepon pintarnya saat hilang atau dicuri orang. “Tinggal laporkan ke Polres Pelabuhan, keberadaan handphone sudah bisa dideteksi,” ujarnya.

Said berharap inovasi teknologi memungkinkan masyarakat semakin mudah melaporkan tindakan pidana di sekitarnya. Sebab selama ini ada kecenderungan sebagian orang malas repot-repot melapor ke kantor polisi. “Sekarang silakan masyarakat melapor dengan aplikasi ini. Identitas mereka tetap dirahasiakan,” kata Said.

Saat ini aplikasi PasQ sudah tersedia untuk perangkat berbasis Android. Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store, dengan ukuran sebesar 6,58 MB.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA