1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Sampaikan aspirasi di sekitar dengan aplikasi SMART RT/RW

Bisa diunduh melalui Play Store pada perangkat berbasis Android

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 24 April 2017 14:33

Merdeka.com, Makassar - Bagi warga Makassar, pemerintah kota kini memberikan kemudahan untuk menyampaikan aspirasi, inspirasi dan laporan dari lingkungannya masing-masing melalui aplikasi berbasis smartphone bernama SMART RT/RW.

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat melaporkan kondisi di lingkungannya bersasarkan sembilan indikator yang ditetapkan wali kota. Antara lain Lorong Garden, Makassar Ta' Tidak Rantasa', Bank Sampah, Retribusi Sampah, serta Pajak Bumi dan Bangunan.

Juga Sombere', Smart City, Administrasi RT/RW, dan Control Social Activity.

Sembilan indikator tersebut juga merupakan media penilaian kinerja bagi para Ketua RT/RW di sekitar tempat tinggal.

Terdapat tiga fitur utama dalam aplikasi. Pertama, Laporan Masyarakat yang memungkinkan pengguna membuat laporan berupa tulisan dan foto tentang kondisi sekitar. Laporan yang butuh respon langsung dikirimkan ke instansi pemerintahan terkait.

Fitur selanjutnya berupa Laporan RT/RW. Dengan ini, petugas RT dan RW dapat melaporkan segala aktivitas yang ada di lingkungannya berdasarkan sembilan indikator. Setiap laporan yang masuk akan diakumulasikan menjadi poin perolehan insentif.

Adapun fitur 9 Indikator memudahkan warga untuk membatasi ruang lingkup pelaporan. Dengan begitu, dapat dengan mudah dilaporkan ke instansi terkait.

Setiap laporan yang masuk akan diberikan status, sehingga masyarakat dapat terus mengawasi kerja pemerintah dan SKPD terkait dengan menggunakan aplikasi Smart RTRW. Status laporan berupa ikon merah untuk laporan ditanggapi; ikon oranye untuk yang sedang diproses, serta ikon hijau untuk laporan selesai.

Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar ini dapat diunduh melalui Play Store di perangkat berbasis android KitKat ke atas.

(AP)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA