1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Semarak HUT RI, petugas navigasi penerbangan berdandan bak pahlawan

"Ini bentuk penghargaan kami kepada para pejuang kemerdekaan," kata salah satu pegawai

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 17 Agustus 2017 12:46

Merdeka.com, Makassar - Beragam cara ditunjukkan masyarakat dalam memperingati hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Salah satunya, menjalankan aktivitas rutin harian dengan berkostum ala tokoh pejuang.

Hal itu ditunjukkan petugas layanan navigasi penerbangan Airnav Indonesia cabang Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Rabu, 16 Agustus 2017. Puluhan pegawai yang beraktivitas mengontrol lalu lintas pesawat menjalankan tugasnya dengan berdandan bak tokoh kemerdekaan di masa lampau.

Berdasarkan pantauan, sejumlah petugas meniru gaya busana sejumlah tokoh populer. Antara lain jas hitam a la Presiden RI pertama Ir Soekarno dan pakaian tradisional Jawa yang biasa dikenakan Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman. Ada juga mengenakan paduan kostum klasik tentara rakyat.

“Ini bentuk penghargaan kami kepada para pejuang kemerdekaan. Kami sengaja mengenakan pakaian seperti ini sebagai bentuk rasa syukur dan bangga bisa menikmati kemerdekaan bangsa ini,” kata Manager Personalia MATSC Fuad Bedri kepada wartawan, Rabu, 16 Agustus.

Aksi berbusana pejuang kemerdekaan dilakukan pegawai MATSC seharian penuh sembari beraktivitas normal seperti biasanya. Menurut Fuad, bentuk euforia ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan perjuangan rakyat menuju kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

MATSC merupakan lembaga yang bertanggung jawab memantau dan mengatur lalu lintas penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, serta sebagian wilayah udara di Indonesia timur. Dalam sehari, petugas bisa memantau seribu penerbangan pesawat.

“Sebagai generasi penerus bangsa, kami ingin melanjutkan perjuangan melalui cara kami. Yakni berkontribusi menjaga kedaulatan NKRI di udara,” Fuad melanjutkan.

Salah satu pegawai MATSC Muhammad Romy yang mengenakan gaya busana Ir Soekarno mengaku bangga tampil mirip dengan tokoh pujaannya. Tak hanya menyukai penampilan sang proklamator, dia juga mengungkapkan pujian terhadap karakter dan prestasinya.

“Bung Karno sangat tegas, sehingga sangat dihormati di mancanegara. Itu sudah terbukti di berbagai negara,” kata Romy.

(AP)
  1. Serba-serbi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA