1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Unhas loloskan wakil pada pemilihan mahasiswa berprestasi 2017

Penilaian tahap akhir berlangsung 11-13 Juli

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 11 Juni 2017 13:57

Merdeka.com, Makassar - Universitas Hasanuddin menempatkan seorang wakilnya pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional tahun 2017. Utami Tamsasse, mahasiswi Fakultas Kedokteran Unhas, menjadi satu dari 17 finalis yang disaring dari 143 kandidat di seluruh Indonesia.

Pilmapres merupakan ajang pemilihan prestisius.  Mahasiswa berprestasi diseleksi dari tingkat paling bawah, yaitu Program Studi, fakultas, dan universitas.  Untuk Perguruan Tinggi Negeri, calon terbaik dari setiap universitas langsung diseleksi ke tingkat nasional.  Sementara untuk Perguruan Tinggi Negeri Swasta, calon terbaik dari setiap universitas dikirim terlebih dahulu ke Kopertis untuk diseleksi sesuai jumlah kuota. Kopertis Wil. IX Sulawesi memiliki kuota maksimal 7 peserta terbaik yang akan dikirim untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Direktur Minat, Bakat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Unhas Prof Supratman mengatakan bahwa dalam beberapa tahun ini, Unhas memang memfokuskan diri mengembangkan prestasi kemahasiswaan di level nasional maupun internasional.   

“Kita sungguh sangat berbangga dengan capaian ini.  Rasanya, terbayar semua lelah dan upaya yang telah dilakukan di bawah arahan Bapak Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan,” kata Prof. Supratman.

Pilmapres 2017 memiliki 5 komponen penilaian, yaitu: Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Karya Tulis Ilmiah, prestasi/kemampuan yang diunggulkan, kemampuan bahasa Inggris, dan kepribadian.  “Dari seluruh komponen tersebut, fokus terbesar adalah dalam bidang karya tulis ilmiah.  Mahasiswa menyusun paper, mempresentasikan, dan mempertahankannya dihadapan panel yang dibentuk di tingkat nasional,” Prof. Supratman menjelaskan.

Iin Fadhilah Utami Tammasse menyusun karya tulis berjudul: “Antiseptik Hidung Sebagai Inovasi Pencegahan Infeksi Pernapasan di Indonesia”.  Topik ini dia pilih didasari oleh fakta bahwa infeksi pernapasan merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di seluruh dunia.  Iin menawarkan inovasi pencegahan penyakit ini dengan “nose sanitizer”.

Iin sedang dalam tahap persiapan intensif untuk menghadapi penilaian tahap akhir yang akan berlangsung pada tanggal 11–13 Juli 2017.  “Saat ini saya sedang mengintensifkan latihan presentasi, memperbaiki karya tulis ilmiah, serta banyak berdiskusi dengan pembimbing,” kata Iin.

Tahap selanjutnya dari Pilmapres ini adalah “masukan publik”, yaitu tanggal 9 Juni s.d. 7 Juli 2017.  Kemudian tahap Penilaian Nasional yang merupakan tahap akhir pada tanggal 11 – 13 Juli 2017.  Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi 2017 akan berlangsung tanggal 13 Juli 2017.

Kegiatan yang dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemristekdikti ini bertujuan untuk memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menumbuhkan budaya akademik yang lebih baik.  Proses pemilihan ini juga diharapkan dapat menjadi sistem pembinaan prestasi di perguruan tinggi.

(AP)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA