1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Wali Kota Makassar penuhi undangan PM Denmark di Konferensi 3GF

Forum membahas peranan kota sebagai penggerak pembangunan hijau, energi, dan sumber daya alam

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 07 Juni 2016 17:12

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri konferensi internasional Global Green Growth Forum (3GF) di Kopenhagen, Denmark, 6-7 Juni. Danny memenuhi undangan sebagai satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang langsung sebagai peserta oleh Perdana Menteri Denmark Lars Lekke Rasmussen.

3GF Summit merupakan KTT Bumi yang membahas solusi Green Growth yang praktis dan terukur dalam konteks pembangunan berkelanjutan demi mewujudkan sebuah iklim baru tahun 2030. Pertemuan tersebut dihadiri 250 pemimpin dan pengambil kebijakan yang terdiri dari pemerintah, bisnis, keuangan, sipil, masyarakat, dan organisasi internasional.

Pertemuan tersebut mendiskusikan tiga pembahasan penting yakni kota sebagai penggerak green growth, energi, dan sumber daya alam.

Isu yang mengemuka dalam forum tersebut sangat sejalan dengan program Pemkot Makassar yang telah mencanangkan tahun 2016 sebagai Tahun Infrastruktur dan Penghijauan.

"Wawasan pembangunan infrastruktur kota tetap didasarkan pada lingkungan. Kelestarian lingkungan perkotaan telah menjadi isu penting dan diterapkan di berbagai kota-kota dunia khususnya di Eropa. Komitmen ini juga yang ingin kita tunjukkan dalam forum internasional kali ini," kata Danny, Selasa (7/6).

Di kota Makasar sendiri, sejak awal memimpin Walikota Danny Pomanto telah menggagas dan meluncurkan berbagai program kebersihan dan penghijauan. Beberapa yang telah diimplementasikan seperti gerakan Makassarta Tidak Rantasa (MTR), LiSA (liat Sampah Ambil) dan lorong Garden (Longgar). Keseluruh program tersebut telah memasyarakat dan bahkan membuahkan Piala Adipura pada tahun 2015 yang lalu.

 

(AP)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA