1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Agar tak mudah terserang sakit kepala sebelah

Penting mengatur kebiasaan dan rutinitas harian

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 10 Oktober 2016 17:28

Merdeka.com, Makassar - Sakit kepala sebelah atau migrain kerapkali menyerang orang. Penyebabnya berbeda-beda, mulai dari makanan hingga lingkungan. Efeknya pun berbeda pada setiap orang.

"Bahkan pada individu yang sama, tidak selalu ada penyebab yang sama dan konsisten. Suatu saat cokelat memicu migrain, pada saat yang lain tidak," kata Larry Newman, MD, direktur Headache Institute di St. Luke's-Roosevelt Hospital Center.

Meski pemicunya cukup kompleks, ada sejumlah cara yang diyakini cukup ampuh untuk mengatasi migrain. Berikut beberapa di antaranya, yang dirangkum dari Deutsche Welle:

Susun Diary
Catat kebiasaan setiap hari selama beberapa pekan atau bulan dan perhatikan apakah ada pola khas yang muncul. Penyulut yang sudah dikenal misalnya merokok, karena nikotin dianggap mempersempit pembuluh darah di otak, juga stres, sakit di bagian leher dan tulang belakang, juga masalah gigi. Tapi makanan seperti coklat hitam atau minuman anggur juga bisa jadi pemicu.

Jadwal Harian
Apapun aktivitas harian Anda, usahakan untuk berpegang pada jadwal tertentu setiap hari. Jadwal sebaiknya mencakup juga waktu tidur dan bangun di pagi hari serta waktu makan siang dan malam. Selain itu, ikutsertakan olah raga ringan yang rutin. Usahakan agar tiap hari jadwal ditepati secermat mungkin.

Perhatikan konsumsi makanan
Upayakan konsumsi makanan yang mengandung magnesium dalam jumlah besar, seperti sayuran hijau, tomat, kacang-kacangan, dll. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak. Ini diduga berkaitan erat dengan serangan migren. Makanan dengan kadar Omega 3 tinggi, seperti ikan tuna dan sardin, punya efek menenangkan sehingga baik bagi penderita migren.

Minum cukup air
Dehidrasi atau kekeringan karena kurang minum juga sering jadi penyebab migren. Otak dan sekelilingnya sebagian besar terdiri dari air. Jika kekurangan cairan, volumenya berkurang sehingga menimbulkan iritasi dan rasa sakit. Sebaiknya minum dua liter air per hari untuk mengurangi kemungkinan migren, juga durasi dan seringnya migren timbul.

Manfaat jahe
Mengunyah jahe mentah bisa mengurangi rasa mual dan masalah pencernaan yang kerap menyertai migren. Jahe juga tampaknya memblokir efek prostaglandin, yang berfungsi seperti hormon. Prostaglandin bisa menyebabkan inflamasi pembuluh darah di otak dan menyebabkan migren.

Atur gula darah
Turunnya kadar gula darah juga kerap menyebabkan migren, karena itu menyebabkan tubuh melepas glukosa ke dalam aliran darah, dan naiknya tekanan darah. Sebaiknya makan secara teratur setiap empat jam, dan jangan melewati 12 jam tanpa makan apapun di malam hari. Pilih makanan dengan Indeks Glikemik (GI) rendah, seperti sayur, buah, yoghurt dan keju berkadar lemak rendah.

Olahraga sesuai kemampuan
Menurut penelitian, rasa sakit kadang tambah parah jika orang melakukan olah raga yang terlalu berat. Sebaliknya bisa dicoba Yoga, karena bersifat menenangkan, mengurangi stres dan mengurangi rasa sakit. Selain yoga, olah raga aerobik juga bisa dicoba untuk melonggarkan ketegangan pada leher dan bahu.



(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA