1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Kandungan dalam teh ini dipercaya bisa meningkatkan energi

Teh juga mengandung kafein

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 16 Agustus 2016 19:02

Merdeka.com, Makassar - Teh merupakan salah satu minuman yang terkenal di seluruh penjuru dunia. Minuman yang umumnya berwarna coklat ini beraroma harum dengan rasa yang khas, membuatnya banyak dikonsumsi.

Selain mudah didapat dan berharga relatif terjangkau, ternyata teh memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan. Saat merasa lelah, lemas dan ingin meningkatkan stamina, coba ganti minuman berenergi Anda dengan teh. Percaya atau tidak, teh memiliki banyak kebaikan untuk tubuh Anda.

Dikutip dari Klik Dokter, selain dapat meningkatkan stamina dan performa Anda, teh pun mampu memperbaiki mood seseorang dan membantu tubuh melawan infeksi.  Teh itu sendiri berasal dari tanaman bernama Camellia senensis.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Teh American Journal of Physiology, teh kaya akan kandungan catechins yang merupakan antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu membakar kalori sekaligus berfungsi sebagai penambah energi. Studi tersebut juga melaporkan bahwa pada individu yang mengonsumsi teh hijau selama 10 minggu terbukti terjadi peningkatan performa saat berolah raga hingga 24% disbanding sebelumnya.

Teh juga mengandung kafein. Studi menunjukkan bahwa kafein yang terdapat dalam teh dapat meningkatkan durasi berolahraga. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di New Zealand Waikato Institute of Technology menunjukkan bahwa kandungan kafein yang berada di teh turut bekerja meningkatkan performa.

Ketika membutuhkan tambahan energy ketika berolahraga, tubuh akan membakar glikogen. Tubuh mulai menghabiskan glikogen saat Anda berolahraga dalam waktu yang lama yang akhirnya membuat tubuh merasa lelah. Nah, mengonsumsi 2 cangkir teh dapat memperlambat deplesi dari glikogen dengan cara meminta tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai energi. Sehingga Anda tidak mudah merasa lelah.

White tea merupakan jenis teh yang paling banyak diteliti sebab menjanjikan manfaat kesehatan yang baik. Tidak hanya meningkatkan performa, efek antioksidan dari teh dipercaya baik untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Yuk, minum teh hari ini.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA