1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pertama di Indonesia, Pemkot Makassar bahas anggaran secara terbuka

Masyarakat bisa menyaksikan interaksi wali kota dan pejabat pemerintahan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 15 Juli 2016 13:05

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto berupaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan. Salah satunya dengan menggelar rapat pembahasan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah serta Perusahaan Daerah secara terbuka.

Pembahasan anggaran dilakukan lewat Rapat Koordinasi Khusus Pemkot Makassar di ballroom Hotel Four Points by Sheraton, Sabtu (16/7). Dalam rapat yang rencananya digelar mulai pagi hingga malam hari, masyarakat umum bisa datang untuk menyaksikan jalannya rapat antar instansi di lingkup Pemkot.

“Pertama kalinya di Indonesia pembahasan anggaran per SKPD dibuka ke publik secara transparan. Itu kita mulai dari Makassar,” kata Danny -sapaan Ramdhan di Makassar, Jumat (15/7).

Rapat koordinasi rencananya akan diikuti sekitar 700-an pejabat dari 57 SKPD se-Makassar. Pejabat terdiri dari kepala dinas, kepala badan, kepala bagian, kepala bidang, kepala seksi, camat dan lurah, serta jajaran direksi Perusda. 60 meja bundar disediakan untuk rapat ini.

Masing-masing instansi, kata Danny, akan berkumpul di meja bundar yang disediakan. Meja tersebut mengelilingi meja wali kota yang terletak di tengah ruangan. Hasil pembahasan anggaran di setiap SKPD akan langsung diajukan ke wali kota lewat dialog terbuka.

“Akan ada dialog interaktif antara maupun intern instansi. Dari sini juga kita bisa lihat apa saja kekurangan kita selama ini dalam merealisasikan program. Terutama yang urusannya lintas instansi,” kata Danny.

Pada rapat koordinasi, seluruh pejabat Pemkot mulai eselon III hingga eselon I diwajibkan hadir. Danny menyiapkan sanksi bagi jajarannya yang mangkir. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA