1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Siap-siap! Unhas buka jalur mandiri mulai 3 juli

Pendaftaran dibuka secara online

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 14 Juni 2017 13:42

Merdeka.com, Makassar - Menyusul pengumuman SBMPTN 2017, Universitas Hasanuddin akan segera membuka penerimaan ketiga, yaitu melalui jalur mandiri.  Ini merupakan satu-satunya jalur yang tersisa untuk seleksi masuk Unhas.  

Jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui jalur mandiri Unhas adalah sebanyak 1.557 orang, atau 30% dari kuota penerimaan tahun 2017.  Namun demikian, angka ini mungkin mengalami perubahan (meskipun tidak signifikan), karena berkaitan dengan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar kembali (registrasi ulang) pada jalur SBMPTN.

Sebagai gambaran, setiap tahunnya, rata-rata terdapat sekitar 9%-11% calon mahasiswa yang tidak mendaftar ulang. Jalur mandiri Unhas terbagi atas: Jalur Non Subsidi (JNS), Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni dan Keilmuan (POSK), dan Kelas Internasional.

“Pendaftaran jalur mandiri Unhas JNS dan POSK akan dibuka pada tanggal 3 Juli 2017 hingga tanggal 8 Juli 2017,” kata Kepala Humas Unhas Ishaq Rahman melalui rilis tertulis yang diterima Rabu, 14 Juni.

Pada tahun 2017, Unhas membuka kelas internasional pada program studi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi (ketiganya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Kesehatan Masyarakat (Fakultas Kesehatan Masyarakat), dan Teknik Sipil (Fakultas Teknik).  Penerimaan Kelas Internasional akan diumumkan terpisah.

Jalur Non Subsidi

Persyaratan bagi peminat yang akan mendaftar melalui JNS antara lain terdaftar sebagai peserta ujian SBMPTN 2017, atau terdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN 2017.

Bagi pelamar jalur Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK) 2017 tidak diperkenankan mendaftar. “Selain itu mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya,” ujar Ishaq.

Peserta JNS hanya dapat memilih dua program studi yang sama atau berbeda dengan program studi pilihannya pada saat SBMPTN 2017. Akan tetapi harus berada pada kelompok ujian yang sama.

“Artinya, jika saat SBMPTN peserta berada pada kelompok Saintek, maka program studi pilihan melalui JNS juga harus berada pada kelompok Saintek,” dia melanjutkan.

Pendaftaran dilakukan secara online dan akan dibuka pada masa registrasi. Calon peserta diharapkan untuk mengikuti perkembangan informasi melalui website http://unhas.ac.id/pmb/.

“Untuk pendaftaran Jalur Mandiri tidak dikenakan biaya. Harap diperhatikan bahwa tidak ada biaya-biaya tambahan apapun dalam proses penerimaan melalui Jalur Mandiri Unhas,” kata Ishaq.

(AP)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA