1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Tiga Adipura beruntun jadi rekor baru di Makassar

Dianggap sebagai hasil kerja keras masyarakat

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 27 Juli 2017 11:38

Merdeka.com, Makassar - Satu lagi torehan yang akan tercatat selama sejarah kepemimpinan wali kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Danny sapaan akrabnya berhasil 'hattrick' atau tiga kali berturut- turut meraih penganugerahan adipura dari pemerintah pusat. Prestasi ini belum pernah terjadi sepajang sejarah pemerintahan di kota Makassar.

Bahkan tiga adipura tersebut berhasil bersarang dipangkuan Kota Daeng ini setiap tahun dalam kurun tiga tahun kepemimpinan periode pertama pemerintahannya.

Meski demikian Danny mengatakan jika kesuksesan Makassar mendapat gelar Adipura bukan semata-mata karena dirinya namun karena kerja keras warga Makassar.

"Penghargaan ini adalah penghargaan untuk masyarakat Kota Makassar khususnya bagi para ujung tombak kebersihan yakni para penyapu jalanan atau Satgas Kebersihan, Satgas Drainase dan orang- orang yang konsen terhadap kebersihan kota," kata Danny, Kamis (27/7/2017).

Bagi Danny, adipura hanyalah sebuah lambang kebersihan kota. Gerakan kebersihan di kota Makassar sendiri memang telah berada pada titik puncak dimulai di tahun 2014 atau tiga tahun yang lalu.

"Gerakan ini melibatkan seluruh masyarakat dan kemudian diperkuat dengan sistem kebersihan baik itu dimulai dari satgas kebersihan, satgas drainase, kemudian dengan sitem pengangkutan sampah yang baik, dan pembenahan TPA," paparnya.

Kemudian, lanjut Danny dilengkapi dengan hadirnya bank sampah yang merupakan sebuah model pengelolaan persampahan yang produktif yang mampu memberi nilai ekonomi yang cukup baik bagi masyarakat kalangan bawah. Hal ini juga disertai dengan inovasi tentang sampah tukar beras, sampah tukar emas, serta sampah tukar dengan barang- barang yang dibutuhkan masyarkat.

Adipura kali ini sangatlah berbeda dengan Adipura sebelumnya, dimana tahun ini memerlukan penanganan yang ekstra karena penilaian dari pusat sangat ketat dan dengan berbagai kriteria yang harus dipenuhi.

"Adipura yang ketiga ini adalah adipura yang fenomenal. Karena pada tiga tahun berturut- turut Makassar meraih adipura pada saat penilaian adipura justru saat kriteria semakin ketat dan tinggi sehingga ini merupakan pencapaian dari kota Makassar yang luar biasa sebagai hasil kerja sama dari seluruh pihak terutama masyarakat," ungkap Danny lagi.

Adapun penghargaan tertinggi bidang kebersihan ini diketahui melalui surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya No. UN.72/PSLB3/PS/PLB.0/7/2017 terkait Undangan Penyerahan Anugerah Adipura.

Penyerahan akan dirangkaikan Acara peringatan puncak hari lingkungan hidup 2017, Rabu 2 Agustus 2017 bersama Presiden RI Joko Widodo, di Plaza Ir Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti, Jakarta.

Sementara untuk penganugerahan piala adipura akan diserahkan pada hari yang sama pada acara malam anugerah lingkungan pada pukul 18.00 Wib - selesai di Auditorium Manggala Wanabakti.

Terakhir, Danny berpesan tentang hal yang harus lebih ditingkatkan lagi ke depan. Sebab menurutnya kalau kebersihan kota ini disebabkan oleh bagaimana pemerintah kota bersama seluruh aparat serta orang- orang yang konsen terhadap kebersihan termasuk satgas kebersihan dan sat gas drainase membersihkan kota ini, maka ke depan ia berharap, kota ini bersih karena masyarakat tidak membuang sampah sembarang tempat. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA