1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Wali Kota Makassar luncurkan bank sampah "Gadis"

Di Makassar, jumlah bank sampah disebut telah mencapai 800 unit yang tersebar di berbagai wilayah

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 30 Maret 2017 14:33

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto meresmikan operasional bank sampah di lingkungan Kantor Gabungan Dinas (Gadis) di jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (30/3).

Bank sampah ini melengkapi 800 unit lain yang telah lebih dulu beroperasi di berbagai wilayah kota Makassar. Di mana pada setiap unit, masyarakat bisa menukarkan sampah daur ulang dengan berbagai produk kebutuhan seperti beras dan voucher listrik.

Danny meresmikan bank sampah unit Gadis bersama wakil wali kota Makassar Syamsu Rizal dan Sekretaris Daerah Ibrahim Saleh. Dalam sambutannya Danny menyatakan bank sampah sudah menjadi salah satu program pemerintah dalam menjaga kebersihan. Apalagi Bank Sampah Kota Makassar sudah menjadi percontohan Nasional.

"Bank Sampah dengan sistem daur ulang sangat mendukung sekali program Pemerintah contohnya adalah Bank sampah di kantor Balai Kota yang sudah mempunyai omzet yang besar," kata Danny.

Dia juga menjelaskan bahwa program Makassar Tidak Rantasa akan terus di maksimalkan. "Kita kampanyekan ke Masyarakat untuk terus menjaga kebersihan, apalagi dengan mengolah sampah menjadi hal yang bermanfaat seperti kerajinan tangan dan lain lain, tentunya akan mempunyai nilai yang ekonomis bagi pendapatan masyarakat," ujarnya.

Di saat yang sama, Pemkot Makassar juga memperkenalkan aplikasi Tangkasarong. Aplikasi berbasis smartphone ini dilengkapi sejumlah fitur, antara lain forum kerajinan sampah dan produk daur ulang, peta lokasi bank sampah, transaksi aman dan mudah, serta scan barcode untuk transaksi di bank sampah.

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA