1. MAKASSAR
  2. PSM

PSM rombak staf pelatih jelang putaran kedua TSC

Robert tengah menyiapkan evaluasi pemain

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 19 Agustus 2016 15:21

Merdeka.com, Makassar - Manajemen klub sepak bola PSM Makassar merombak tim staf kepelatihan jelang putaran kedua kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, yang dijadwalkan pada September mendatang.

Dalam susunan baru, pelatih kepala PSM tetap dijabat pria Belanda Robert Rene Alberts. Dia akan dibantu tiga asisten, yakni Imran Amirullah, Syamsuddin Batola dan Bahar Muharram, serta pelatih kiper Herman Kadiaman. Imran dan Herman merupakan nama baru yang menggeser staf sebelumnya, Budiardjo Thalib dan Budiman Buswir.

Adapun Budiardjo dan Budiman tidak dicoret dari jajaran staf PSM. Mereka hanya dipindahkan dari tim senior untuk menukangi skuad muda PSM kelompok usia di bawah 21 tahun. Di tim muda, PSM merekrut dua asisten tambahan yakni Yusrifar Djafar dan Arman Arsyad.

Direktur Utama PT PSM Munafri Arifuddin menyatakan perombakan komposisi tim staf kepelatihan tidak ditetapkan berdasarkan kualitas pelatih. Itu dilakukan demi kepentingan klub. Budiardjo dan Budiman diminta bertanggung jawab kepada tim muda, karena dianggap punya cukup pengalaman. Sebelumnya mereka mendampingi Robert Rene Alberts selama dua bulan.

“Kita sudah komitmen lakukan pembinaan muda. Bagaimana pun, seluruh program latihan tetap dipimpin Robert,” kata Munafri, Jumat (19/8).

Komposisi baru diumumkan manajemen jelang pertandingan PSM melawan Persija Jakarta di Manahan Solo, akhir pekan ini. Munafri mengatakan para pelatih mulai menempati pos barunya setelah pulang dari lawatan tandang tersebut. “Kita umumkan cepat supaya mereka bisa langsung bekerja di tempat barunya,” kata Munafri.

Munafri berharap perombakan staf berdampak baik pada pembinaan pemain. PSM fokus mendidik pemain muda sebagai aset yang bisa dimanfaatkan pada tim senior. Terutama di sisi mental. “Kita buat program dalam satu kesatuan supaya pemain muda yang promosi ke tim senior tidak lagi canggung,” ujarnya.

Selain staf pelatih, PSM berencana merombak skuat pemain jelang putaran kedua TSC 2016. Pelatih Robert Rene Alberts mengisyaratkan tengah mengevaluasi seluruh pemain, di mana hasilnya akan diumumkan pada pekan depan. Penentuan final dilakukan usai uji coba melawan tim PSM U-21, usai laga tandang melawan Persija.

"Kita berikan kesempatan bagi setiap pemain untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sebab akhir Agustus nanti kita sudah akan tentukan siapa pemain dipertahankan atau dilepas," kata Robert.

(AP)
  1. Torabika Soccer Championship
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA