1. MAKASSAR
  2. PSM

Titus Bonai berseragam PSM Makassar

Pemain asal Papua itu pulang ke Indonesia atas wasiat sang ayah

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 13 Juli 2016 14:01

Merdeka.com, Makassar - Manajemen klub sepak bola PSM Makassar mendatangkan pemain penyerang Titus Bonai, jelang bursa transfer Torabika Soccer Championship 2016 dibuka, akhir Juli. Mantan pemain tim nasional Indonesia Titus Bonai mulai bergabung dalam latihan bersama tim PSM Makassar di Lapangan Markas Kodam VII Wirabuana Makassar, Rabu (13/7) pagi.

Penyerang kelahiran Jayapura berusia 26 tahun itu dipersiapkan sebagai penambah daya gedor skuat Juku Eja di putaran kedua TSC 2016. CEO PSM Munafri Arifuddin mengatakan, kedatangan Tibo di Makassar merupakan wujud keseriusan manajemen memperbaiki kualitas tim.

Saat ini PSM terpuruk di papan bawah klasemen TSC 2016, yakni hanya mampu bertengger di posisi 16 dari 18 klub dengan mengantongi 7 poin.

Menurut Munafri, Tibo sesuai dengan rekomendasi pelatih PSM Robert Rene Alberts yang menginginkan tambahan pemain bertipikal menyerang dengan karakter agresif. Mantan pemain Persipura itu juga paling pas, karena saat ini sedang dalam status tanpa klub.

“Kita membutuhkan jasanya untuk mengangkat prestasi tim. Manajemen pada prinsipnya sudah sepakat dengan dia (Tibo) dan segera menandatangani kontrak. Kita juga sudah persiapkan pendaftarannya ke operator TSC,” ungkap Munafri, Rabu (13/7).

Titus Bonai berseragam PSM Makassar
© 2016 merdeka.com/instagram: psm_makassar

Titus Bonai mengawali karirnya di tim junior Persipura Jayapura dan PON Papua. Karir profesionalnya dimulai di Bontang FC pada 2008, kemudian mencoba peruntungan di sejumlah klub tanah air, seperti Persiram Raja Ampat, Persipura, Semen Padang, dan Sriwijaya FC. Prestasi di klub mengantarkan Tibo berseragam Tim Nasional, baik di kelompok Usia 23 maupun tim senior.

Terakhir, pada 2016, Titus Bonai bergabung dengan tim Timor Leste, Karketu Dili. Namun beredar kabar dia dipecat sejak Juni lalu karena melanggar aturan klub. Di luar alasan itu, dia mengaku ingin kembali berkarir di Indonesia, dan PSM adalah pilihan yang tepat.

“Saya bermain di PSM biar dekat dengan Papua. Sebelum papa meninggal, dia titip pesan supaya kembali ke Indonesia dan jaga mama dengan baik,” kata Tibo. “Saya berharap bisa memperbaiki peringkat PSM di klasemen,” ujarnya.

Sebelumnya manajemen PSM telah mengontrak empat pemain asing sebagai persiapan di putaran kedua TSC 2016. Meski belum bisa langsung bermain, mereka sudah bergabung dalam latihan di bawah arahan Robert. Para pemain tersebut adalah Kwon Jun asal Korea Selatan, Luis Ricardo (Brasil), serta duo Belanda William Dluin dan Ronaldo Hikspors.

(AP)
  1. Torabika Soccer Championship
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA