1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Balap sepeda Tour de Makassar kenalkan potensi wisata Sulsel

Diikuti 120 peserta dengan hadiah total USD 30 Ribu

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 05 November 2016 14:42

Merdeka.com, Makassar - Ajang balap sepeda Tour de Makassar akan digelar untuk pertama kali pada 11-13 November 2016. Balapan yang dihelat Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) akan diikuti sebanyak 120 pembalap dari 12 negara, termasuk Indonesia.

Adapun peserta dari luar negeri antar lain Malaysia, Thailand, Perancis, Vietnam, Rusia, Arab Saudi, Sri Lanka, Afganistan, Belanda, Spanyol, dan Jerman. Mereka akan bersaing memperebutkan hadiah sebesar total 30 Ribu Dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 400 Juta.

"Ini hal yang membanggakan, karena untuk pertama kalinya kejuaraan balap sepeda internasional digelar di Makassar dan Sulawesi Selatan," kata Ketua Pelaksana Tour de Makassar Chandra Samad Djania, Sabtu (5/11).

Baca juga: Balap sepeda Tour de Makassar siap dihelat kali pertama

Chandra menjelaskan, balap sepeda akan menempuh perjalanan sepanjang 513 kilometer lebih. Balap dibagi ke dalam tiga etape, yakni Etape I Makassar - kabupaten Bone, Etape II Bone - kota Parepare, dan Etape III Parepare - Makassar. Sepanjang perjalanan, peserta akan melintasi sejumlah kabupaten/ kota di Sulsel, yakni Maros, Wajo, Sidrap, Barru, dan Pangkep.

Balapan Etape akan dimulai pada Jumat (11/11) pagi di titik start Anjungan Pantai Losari menuju Lapangan Merdeka Bone. Etape II digelar Sabtu (12/11) dari Bone ke Lapangan Andi Makkasau Parepare. Esoknya dilanjut dengan Etape III yang mengarah kembali ke Pantai Losari.

Menurut Chandra, balapan Tour de Makassar tidak sekadar wadah olahraga. Kejuaraan ini sekaligus menjadi ajang perkenalan potensi wisata di Sulsel. "Para  peserta dari berbagai akan mengitari beberapa daerah yang menawarkan beragam pemandangan alam, dari pesisir hingga pegunungan," ujarnya.

Panitia berharap kejuaraan Tour de Makassar menjadi hiburan bagi warga di daerah yang dilintasi. "Kita harapkan juga menjadi momen kebangkitan olahraga sepeda, mengingat tingginya animo masyarakat saat ini," Chandra menambahkan.

(AP)
  1. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA