1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Masuk masa pensiun, PNS tetap wajib mengabdi

Pensiunan PNS diharap jadi tokoh kunci perubahan di lingkungan masing-masing

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 09 Agustus 2016 10:20

Merdeka.com, Makassar - Masa pensiun bukan akhir dari pengabdian seorang pegawai negeri sipil. PNS tetap seorang pengabdi, yang berkewajiban moral terhadap masyarakat, negara, pemerintah, dan lingkungannya.

Demikian ungkapan Wali Kota Makassar Muhammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto saat pembekalan 100 PNS di lingkup Pemerintah Kota, Senin (8/8). Tahun ini 100 PNS memasuki Batas Usia Pensiun.

"Masa kerja kita boleh berakhir tetapi pengabdian tak ada habisnya," kata Danny.

Danny berharap PNS yang memasuki masa pensiun tampil sebagai tokoh kunci di lingkungannya demi mensukseskan program pemerintah. Itu disebut sebagai bentuk pengabdian yang tanpa batas. Pengalaman puluhan tahun sebagai abdi negara membentuk PNS lebih paham terhadap program pemerintah yang ditunjukkan dengan memberikan contoh dan teladan kepada orang - orang di lingkungannya.

Program MTR (Makassar ta Tidak Rantasa) dan LiSA (Lihat Sampah Ambil) dua di antara sekian banyak program yang digagas Pemkot Makassar bagi kemajuan kota dan warganya.

"Kami berharap PNS yang memasuki masa BUP mampu menjadi tokoh kunci perubahan di lingkungannya masing-masing," Danny mengatakan.

Beberapa PNS yang memiliki potensi besar diharapkan Danny dapat diberdayakan sebagai tim pendamping di instansi bekas tempatnya bekerja ataupun sebagai penasehat informal. Sehingga, mereka dapat terus berkontribusi dalam pembinaan masyarakat.
 
Saat pembekalan, Danny juga menyampaikan perhatian pemerintah kota terhadap PNS  tidak sebatas saat berdinas saja. Ketika mereka pensiun, pemerintah kota tetap memperhatikan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh warakawuri.

Tidak bermaksud mendoakan purna PNS pendek usia, Pemkot menyiapkan dua unit ambulance pengantar jenazah terbaik agar saat diantar ke peristirahatan terakhir kewibawaan sebagai purna abdi negara tetap terjaga. Hal ini bentuk kepedulian pemerintah kota terhadap pensiunan dan keluarganya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah kota Makassar Baso Amiruddin menganggap pembekalan penting bagi para PNS yang segera memasuki masa pensiun.  Dengan begitu mereka bisa mendapatkan pemahaman agar bisa mempersiapkan diri.

“Misalnya berkas apa saja yang mesti disiapkan untuk pengurusan tabungan pensiun, tahap apa saja yang mesti dilalui, dan pengetahuan lainnya yang berkaitan dengan masa pensiun,” kata Baso.

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA