1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot canangkan penghijauan TPA Tamangapa, tanam tiga ribu pohon

Warga yang punya keluhan pohon tumbang bisa menghubungi nomor kontak Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Makassar

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 08 Oktober 2016 13:54

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan mencanangkan program penghijauan di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Tamangapa, kecamatan Manggala. Dinas menargetkan penanaman sebanyak tiga ribu batang pohon hingga akhir tahun 2017.

“Penanaman di TPA termasuk dalam proyek penghijauan kota Makassar secara menyeluruh,” kata Asisten II Pemkot Makassar Andi Gani Sirman, Sabtu (8/10).

Gani menjelaskan, penanaman pohon dilakukan sebagai upaya pemeliharaan lingkungan, selain menambah kesan asri. 

Penghijauan juga disebut sebagai bagian dari proyek TPA Tamangapa menuju status bintang lima. Ke depan, TPA ini bakal dilengkapi sejumlah fasilitas unggulan, antara lain pengolahan sampah terpadu melalui Bank Sampah yang terintegrasi dengan 14 kecamatan se-Makassar.

Gani mengungkapkan, penanaman pohon rencananya segera dimulai setelah pembenahan drainase di lingkungan TPA. “Kita  buat dulu drainase di setiap sisi jalan di dalam TPA. Pengerjaannya sementara berlangsung,” ujarnya.

Pemkot Makassar tengah menggenjot penghijauan di seluruh wilayah kota. Menurut Gani, pihaknya berfokus menambah sekitar dua ribu batang pohon untuk menghijaukan kawasan jalan-jalan protokol.

Pada musim hujan saat ini Pemkot membentuk posko penanggulangan pohon tumbang dan pemangkasan. Posko dibentuk untuk mengantisipasi pohon tumbang saat angin kencang di awal musim hujan. Masyarakat yang punya informasi dan keluhan, bisa menyampaikannya ke DKP Makassar melalui nomor kontak di 081242225254.

"Jadi bagi masyarakat jika ada keluhan terkait dengan pohon tumbang atau pemangkasan agar menghubungi kami," kata Gani. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA