1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot gagas 'Makassar Day' di Australia

Melanjutkan kesuksesan acara serupa di Madrid tahun lalu

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 20 Mei 2017 08:06

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mewacanakan gelaran pameran budaya dan wisata bertajuk Makassar Day di Australia. Itu disampaikannya saat makan malam bersama Konsulat Jenderal Australia di Makassar Richard Mathew, di Hotel Melia, Jalan Mappanyukki, Jumat (19/5).

Ide itu terinspirasi dari Makassar Day yang sukses dihelat tahun lalu di Madrid, Spanyol. Kala itu, Makassar mendapatkan undangan dari Madrid untuk memperkenalkan budaya dan kuliner khas Makassar.

"Makassar Day perlu digagas di Australia yang menampilkan budaya dan kuliner khas Makassar. Jika perlu kita mengeksplorasi kuliner khas Makassar dan Australia dengan mengkombinasikan Coto Makassar berbahan dasar daging Kanguru," kata Danny.

Wali Kota pemegang tiga hak paten dari Kemenkum HAM RI itu, juga menawarkan restoran-restoran Australia menyajikan kuliner khas Makassar. Hal itu aku Danny, bagian dari diplomasi kuliner. Memperkenalkan Makassar lewat kuliner.

Tawaran Wali Kota Danny mendapat respon positif dari Konjen Richard Mathew yang menyebutkan antara Makassar dan Australia telah terhubung oleh ikatan sejarah yang kuat sejak lama yang dibuktikan dengan kesamaan linguistik.

"Ada sekitar 500 suku kata Australia yang memiliki kesamaan dengan Makassar. Diantaranya, Belanda untuk sebutan orang asing, dan Kadera yang bermakna kursi," ujar Richard.

Mendampingi Wali Kota Danny saat makan malam, Ketua TP PKK Makassar Indira Yusuf Ismail, dan Asisten II Pemkot Makassar Kusaiyyeng. Malam itu, Danny dan Indira nampak kompak mengenakan pakaian berwarna senada dengan warna dasar hitam. (NIA)

(AP)
  1. Info Wisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA