1. MAKASSAR
  2. PARIWISATA

Phinisi bakal masuk warisan dunia Unesco di akhir tahun

Pengumuman rencananya digelar di Korea Selatan

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 08 Agustus 2017 14:34

Merdeka.com, Makassar - Unesco, badan khusus di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang membidangi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan mendaftarkan kapal phinisi sebagai nominasi warisan dunia, yang akan diumumkan di akhir tahun 2017.

Kapal phinisi didaftarkan sebagai warisan dunia pada kategori intangible cultural heritage atau warisan budaya tidak berbenda.

Duta Besar RI untuk Unesco Fauzi Soelaiman, beberapa waktu lalu mengungkapkan, rencananya jika memenuhi semua persyaratan maka penetapan warisan dunia akan diumumkan akhir Desember di Korea Selatan.

Fauzi yang didampingi Kepala Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan Faizal, mengatakan, sebelum diumumkan maka akan dilakukan perkenalan dan sosialisasi berupa pementasan terkait Pinisi di Prancis pada Oktober mendatang.

"Akan diadakan pagelaran, ditampilkan penggalan naskah I La Galigo tentang Pinisi. Menjelaskan apa itu Pinisi, I La Galigo sendiri sudah terdaftar di Memory of The World pada tahun 2011," kata Fauzi.

Terpisah, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyambut antusias terdaftarnya Kapal Pinisi di UNESCO. Dia juga berharap pagelaran I La Galigo nantinya bisa sukses dan bisa menampilkan ruh dari kapal Pinisi sehingga bisa diakui sebagai salah satu warisan dunia.

Untuk itu, SYL meminta pagelaran yang akan ditampilkan nanti dipersiapkan sebaik mungkin. Agar bisa dinikmati dengan baik oleh penonton dan dewan juri.

(AP)
  1. Info Wisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA