1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Penyambutan siswa dengan Bela Negara pertama di Indonesia

Dalam kegiatan ini tidak ada kegiatan fisik ala militer

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 24 Juli 2016 15:58

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar, Minggu (24/7) menggelar pendidikan Bela Negara dalam rangka menyambut siswa tahun ajaran baru 2016/2017. Kegiatan itu digelar di tujuh markas militer secara serentak dan diikuti sekitar 21 ribu pelajar se-kota Makassar.

Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra mengatakan program bela negara tersebut merupakan konsep penyambutan pelajar baru yang pertama di Indonesia. Menurut dia, kegiatan ini bukan semata-mata menghadirkan nuansa militer. Namun lebih mengedepankan penanaman nilai-nilai positif kepada siswa-siswi sebagai generasi pelanjut bangsa.

Firman memastikan dalam kegiatan Bela Negara untuk pelajar ini tidak ada kegiatan fisik ala militer.

“Saat ini bangsa kita mengalami degradasi moral dan akhlak, terpuruknya prestasi siswa akibat pengaruh negatif dari pergaulan. Bela Negara menjadi entry point dan salah satu solusi bagi siswa/siswi kita untuk bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, kebersamaan, disiplin dan menghargai simbol-simbol negara,” kata Firman, dikutip dari laman kaun facebooknya, Minggu (24/7).

Menurut Firman, di pundak para pelajar masyarakat menitipkan harapan kemajuan bangsa. Mereka diharap tumbuh menjadi generasi yang tangguh dan handal, memiliki mental kuat dan cerdas dalam menyikapi semua persoalan.

“Mari jadikan generasi masa depan Indonesia dan khususnya Makassar menjadi generasi yang memiliki patriotisme dan menghargai bangsa dan negaranya. Ini juga menjadi bagian dari persembahan kami sebagai bentuk yg berbeda dalam merayakan Hari Anak Nasional,” ujarnya.

(AP)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA